BOMBANA

2018, Bombana dapat Bantuan Benih Padi

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Rumbia–Kementerian Pertanian membawa angin segar bagi petani d kabupaten Bombana. Pasalnya, pada 2018 mendatang, Kementrian Pertanian akan memberikan 5000 benih padi secara gratis kepada petani.

Kepala Dinas Pertanian Bombana Azis Fair,diruang kerjanya,Rabu (19/7) mengatakan, pemberian benih gratis karena melihat hasil produktivitas padi yang tiap tahunnya mengalami surplus mencapai hingga tiga puluh persen. Bukan hanya itu saja benih gratis ini juga melihat adanya pembukaan lahan persawahan yang setiap kali bertambah.

Selain itu ini pemberian benih gratis dari pemerintah pusat merupakan bagian dari upaya pencapaian program swasembada pangan.

“Pada tahun 2016 luas persawahan mencapai kurang lebih 12 ribu Hektar hasil produksi padi mencapai tiga puluh persen melebihi dari target,”ujarnya.

Lanjutnya untuk tahun 2017 berdasarkan data yang dimiliki kabupaten Bombana mengalami peningkatan luasan lahan pertanian,tentu ini pula yang menjadi faktor peningkatan hasil produksi padi di banding tahun kemarin sehingga dengan begitu pemerintah pusat memberikan benih gratis

Kata Azis,ada 22 kecamatan di kabupaten Bombana,untuk pemberian benih padi gratis ini direncanakan akan di serahkan pada kelompok pertanian kecamatan dan selanjutnya akan didistribusikan ke petani-petani

Lanjutnya,namun benih padi gratis ini tidak semua kecamatan akan mendapatkannya,pihaknya akan melihat dulu mana kecamatan yang layak untuk diberikan dan yang mana tidak”tidak mungkin kami berikan benih padi gratis di kecamatan yang tidak memiliki lahan persawahan,”tuturnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top