SULSELBAR

Hanya Buka Rekrutmen Melalui Jalur Khusus–Pemerintah Belum Cabut Moratorium Penerimaan CPNS

Ilustrasi Proses Penerimaan CPNS.

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah pusat belum mencabut kesepakatan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sehingga bisa dipastikan, tidak ada penerimaan CPNS tahun ini.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsiri Radjamilo, mengungkapkan, pemerintah pusat memang telah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tapi, yang masih kewenangan mereka. Seperti, Kementerian Hukum dan HAM, serta sekolah-sekolah kedinasan.
“Kalau di provinsi tidak ada. Memang ada penerimaan CPNS, tapi bukan jalur umum. Yang direkrut melalui jalur khusus, seperti dari sekolah kedinasan maupun kemitraan,” jelas Ashari diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (19/7).
Ia menambahkan, untuk penerimaan jalur umum, sampai saat ini belum ada penyampaian secara resmi. Karena, moratorium antara pemerintah pusat bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, belum dicabut. “Kita tunggu hasilnya saja kalau ada surat dari pusat ke kami, maka kami akan membukanya,” ujarnya.
Sebelumnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar telah diminta untuk memasukkan usulan jumlah pegawai yang dibutuhkan kepada pemerintah pusat. Jumlah yang diusulkan mencapai 1.232 pegawai, yang didominasi guru dan tenaga kesehatan.
Sekretaris BKPSDMD Makassar, Basri Rakhman, mengungkapkan, pihaknya belum menerima informasi resmi terkait pencabutan moratorium pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, pihaknya sudah diminta untuk memasukkan jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk formasi pegawai di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.
“Iya, kami telah diminta memasukkan usulan kebutuhan pegawai di pemkot. Bisa jadi pemerintah berencana mencabut moratorium,” ujarnya, beberapa waktu lalu. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top