KOLAKA TIMUR

15 Agustus, 140 JCH Koltim Diberangkatkan–Tak Ada JCH Dari Uluiwoi dan Ueesi

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–140 jamaah calon haji (JCH) Koltim siap diberangkatkan pada 15 Agustus mendatang. Pemberangkatan tergabung dalam kloter 23.
Kepala seksi penyelenggara haji dan umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Koltim, Muh Askar mengatakan, sebanyak 140 JCH asal Koltim terdiri dari 82 laki-laki dan 62 perempuan. Seharusnya 145 JCH asal Koltim yang diberangkatkan, namun empat orang kembali ke Kolaka, dan satu meninggal dunia, jadi total 140 JCH.
“Untuk calon haji terbanyak berasal dari kecamatan Lambandia, sebanyak 66 orang. Sementara kecamatan yang tidak ada satupun perwakilanya berasal dari kecamatan Uluiwoi dan Ueesi,” ungkapnya.
Tahun lalu, Koltim memberangkatkan 64 orang. Namun, karena adanya pengembalian kuota normal, ditambah kuota nasional. Akhirnya, Koltim mendapat tambahan dua kali lipat.
“Kita meninggalkan Koltim 15 Agustus menuju embarkasi Makassar. Nanti 17 Agustus jamaan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar menuju Madinah, dan saya sendiri yang akan menjadi pendamping,” ungkapnya.
Selain itu, pihaknya sudah membahas mengenai transportasi lokal dengan pemerintah daerah. Pemda telah siap mensubsidi sebanyak Rp1 juta perjamaah dan dibebankan kepada jamaah itu sendiri sebanyak Rp3,5 juta.
“Untuk transportasi lokal memang tanggung jawab pemerintah berdasarkan UUD No. 13 tahun 2008. Kalau anggaran pemerintah itu cukup untuk membiayai transportasi lokal. Namun kalau tidak cukup, tentunya akan dibebankan kepada jamaah. Karena ONH hanya menanggung transportasi dari Embarkasi Makaasar ke Madinah,” ungkapnya. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top