METRO KOLAKA

Musdalim Zakir–Raperda Kepemudaan Tidak Hanya Untuk Dispora

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kolaka, Musdalim Zakir.

KOLAKAPOS, Kolaka–Anggota DPRD Kolaka Musdalim Zakkir, meminta agar Raperda tentang pemberdayaan pemuda, tidak ditafsirkan hanya diperutukkan untuk satu Dinas saja. Hal itu disampaikannya usai mengikuti rapat gabungan komisi-komisi di DPRD Kolaka, Kamis (20/7).
“Saya harap Raperda kepemudaan ini jika sudah ditetapkan, leading sektornya bukan hanya untuk satu dinas saja, melainkan semua dinas atau stakeholder yang juga bisa berperan dalam pemberdayaan dan pembinaan generasi muda,” papar Ketua Karang Taruna Kabupaten Kolaka ini.
Untuk itu sebelum ditetapkan menjadi Perda, Musdalim juga meminta masukkan terkait Raperda tersebut, karena masih dalam tahap pembahasan untuk disempurnakan. “Raperda ini kan belum final, bahkan tadi (kemarin, red) disarankan untuk lebih efektifnya, agar meminta masukan dan aspirasi dari semua pihak,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kolaka, Andi Adha Arsyad, mengapresiasi DPRD Kolaka untuk meminta masukan terkait penyempurnaan Raperda kepemudaan tersebut.
“Saya kira itu sudah tepat, DPRD meminta masukan dulu sebelum ditetapkan, jangan terburu-buru dan menjadi ngambang serta multi tafsir dan ambigu, kita perlu tinjauan dari berbagai hal baik Yuridis maupun Psikologis mengenai Pemuda,” terang mantan Ketua KNPI Kolaka itu.
Menurut dia, sah-sah saja jika secara kasat mata awam menafsirkan Raperda tentang kepemudaan yang diusul tersebut, diperuntukkan hanya satu dinas yaitu Dispora, sebab memang Dispora terkhusus secara teknis menangani hal itu.
“Kalau menurut saya judulnya Perda tentang pemberdaayaan kepemudaan itu diganti dengan Perda pembinaan generasi muda, agar tidak ditafsirkan hanya untuk Dispora saja stakeholdernya. Padahal kita ingin cakupannya lebih luas, sebab ada juga kategori remaja, makanya untuk lebih luasnya baiknya generasi muda, dengan demikian stakeholder lainnya masuk dalam Raperda ini,” paparnya. (cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top