KONAWE SELATAN

Wantimpres Takjub Keindahan Wisata Namu

Ketua Wantimpres (tengah) didampingi Bupati (kiri) dan Wabup Konsel (Kanan) saat tiba di Desa wisata Nau.FOTO:Syaprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Kunjungan Kerja di Desa Wisata Namu Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI bersama rombongan dan diketuai oleh Sri Adiningsih, takjub akan keindahan wisata Namu.

Sri Adiningsih mengatakan, Desa Wisata Namu indah bersih, mirip surga, sehingga tinggal dikembangkan saja dan perlu dibuat rumah pohon untuk menarik para pengunjung. Selain itu ia juga yakin Seafoodnya masih segar, sehingga sangat menjanjikan kepada mereka yang ingin berkunjung di Namu.

“Saya juga sangat apresiasi kepada kelompok sadar wisata Ruruhi Project, yang cukup luar biasa bisa menyulap Namu menjadi Desa Wisata. Saya berharap dapat didukung sehingga dapat dikembangkan kreatifitasnya dan dapat menjadi tujuan wisata,” katanya.

Wisata Namu, lanjut dia juga perlu pengembangan sayur mayur dan menjadi salah satu paket. Tinggal dikemas menjadi paket wisata. Pihaknya percaya bahkan dirinya yang hadir di Namu terutama wisatawan dari kota besar, akan tertarik dengan wisata Namu. Tinggal ditata lebih bagus lagi dan bisa menawarkan banyak hal kepada pengunjung nantinya.

“Saya yakin bisa menjadi luar biasa, menjadi tujuan wisata. Kemudian langkah Pemerintah dengan dibukanya jalur darat, tentu akan mempermudah pengunjung dimana sebelumnya adalah melalui jalur laut,” ungkapnya.

Ia berharap Desa wisata Namu, akan lebih berkembang dan menjadi desa tujuan wisata pertama di Sultra dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Pasalnya Desa wisata tersebut dibangun melalui kerja keras secara mandiri oleh masyarakat setempat bekerja sama dengan komunitas Ruruhi Project.

“Saya berharap ke depan Lemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah, bisa merespon upaya yang dilakukan masyarakat, sehingga memberikan perhatian lebih. Dalam memajukan Desa Namu agar kondisi masyarakat yang tinggal di wilayah itu dapat lebih sejahtera,”

Ditambahkannya, pada prinsipnya Pemerintah pusat akan mendukung pengembangan desa wisata, apa lagi langsung dikembangkan oleh masyarakat itu sendiri, karena pariwisata yang dikembangkan masyarakat langsung. Biasanya tumbuh berkembang, mengakar dan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di dalamnya.

Ditempat yang sama, Bupati Konsel Surunuddin Dangga sangat bersukur atas kunjungan tersebut, tidak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada komunitas Ruruhi Project, masyarakat sadar wisata yang telah berupaya apa adanya hingga seperti namu bisa dikenal.

“Jadi memang untuk membangun Namu, dibutuhkan sinergi dari semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat,” kata Surunuddin.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Namu Yudin mengatakan, untuk menjaga kebersihan Namu pihaknya menggalang masyarakat untuk bergotong royong membersihkan Wisata Namu melalui Jumat bersih.

“Selain itu, kita juga dibantu komunitas Ruruhi Project, sehingga kebersihan Namu ini sangat terjaga dengan baik. saya berharap Pemerintah Pusat dan Pemda, bisa memberikan dukungannya,” imbuhnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top