METRO KOLAKA

Rp97 Miliar Proyek PDAM Dikerjakan Dua Tahap

Kepala dinas Pekerjaan Umum Kolaka H. Abbas meninjau lokasi sungai Ulunggolaka kecamatan Latambaga.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Proyek peningkatan kapasitas sumber air baku PDAM Kolaka, yang terletak di sungai Ulunggolaka, kelurahan Ulunggolaka, kecamatan Latambaga, kini mulai dikerjakan, melalui dana APBN yang nilainya mencapai Rp97,6 miliar.
Kepala perencanaan wilayah Timur, Subdit Air Tanah dan Air Baku, Dirjen Sumber Daya Air kementerian PUPR, Bambang Hidayah mengatakan, proyek peningkatan kapasitas mutu air baku PDAM Kolaka, merupakan proyek Multi Years yang akan dilakukan dua tahap.
“Tahap I dimulai sejak Juli 2017, dengan anggaran Rp31,6 miliar, dan tahap II Januari hingga Desember 2018, dengan anggaran Rp66 miliar, yang keseluruhan bersumber dari APBD,” ungkapnya yang ditemui saat mengunjungi sungai Ulunggolaka, akhir pekan kemarin.
Dia menjelaskan, item pengerjaan yang meliputi Bendung, rencana Intik air sungai yang menjadi sumber air baku, serta jaringan transmisi air baku menuju pepipaan, akan dikerjakan oleh PT. Karya Bersama Kita berkolaborasi dengan PT. Mari Bangun Nusantara.
“Targetnya harus rampung tahun 2018 mendatang, karena ini Multi Years, pengerjaannya dua tahun. Selanjutnya terkait Pipa dan Distribusi air, akan dilanjutkan oleh Cipta Karya. Semoga kegiatan ini tidak ada kendala dan terus berlanjut atau tidak terhenti,” harapnya.
Lanjut dia mengatakan, dari sekian banyak permohonan yang masuk di Subdit Air Tanah dan Air Baku, hanya dua kabupaten yang berhasil lolos di tahun ini, yakni kabupaten Kolaka dan Sinjai.
“Karena sungai Ulunggolaka dinilai cukup potensi untuk pembangunan bendung, dengan debit air yang besar, sehingga representatif untuk memenuhi kebutuan konsumsi air bersih masyarakat Kolaka,” ujarnya.
Olehnya itu, dia meminta dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Kolaka, agar proyek peningkatan kapasitas air baku PDAM Kolaka, dapat terlaksana dengan baik hingga akhir pekerjaan.
“Kalau kegiatan ini sukses, Insya Allah masyarakat Kolaka khususnya pelanggan PDAM tidak lagi khawatir dengan suplay air bersih,” tandasnya.
Kadis PU Kolaka Abbas mengatakan, peningkatan kapasitas PDAM Kolaka, dengan pembangunan bendungan baru, telah lama diperjuangkan oleh Pemda Kolaka, hingga akhirnya mendapat bantuan dana APBN.
“Dengan adanya pekerjaan peningkatan kapasitas aib baku PDAM Kolaka, kedepannya persoalan air di Kolaka sudah bisa diselesaikan,” terangnya.
Plt Dirut PDAM Kolaka, Fachruddin mengatakan, dengan adanya pembangunan bendung yang baru, yang merupakan peningkatan kapasitas PDAM Kolaka, di sungai Ulunggolaka, masyarakat Kolaka utamanya pelanggan PDAM diminta untuk bersabar. “Pun demikian, sambil menunggu pengerjaannya selesai, kami (PDAM Kolaka) akan terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen, dengan mengurangi kebocoran yang ada, serta meningkatkan kualitas air,” tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top