EKOBIS

Tol Pekanbaru-Dumai Difungsikan Lebih Cepat

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, PekanBaru–Jalan tol Pekanbaru-Dumai yang terbagi menjadi enam seksi ditargetkan kelar sebelum Lebaran 2018.

Tol itu dibangun dengan investasi mencapai Rp 16,211 triliun. Kontraktor yang ditunjuk adalah Hutama Karya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno belum lama ini meninjau progres fisik pembangunan seksi satu ruas jalan tol Pekanbaru-Kandis-Dumai.

Ruas jalan tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera ini ditargetkan dapat fungsional pada saat arus mudik Lebaran tahun 2018.

“Jadi tol Pekanbaru-Dumai ini sudah mulai dikerjakan sejak enam bulan yang lalu. Sekarang ini sedang fokus pada tahap land clearing dan pembebasan lahan.Target (pembangunan) selesai kira-kira akhir 2019. Insyaallah,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembebasan lahan jalan tol sepanjang 131,4 km sudah mencapai 47 persen.

Dengan begitu, pekerjaan konstruksi dapat dipercepat. Sementara dari seksi satu, dua, dan tiga, pembebasan lahannya mencapai 80 persen.

Pada seksi satu, sebanyak 40 persen lahan yang dibebaskan merupakan milik warga.

Sedangkan sisanya merupakan kawasan hutan. Sementara itu, untuk sesi empat sampai enam masih sedang dalam tahap pembebasan lahan.

“Kami sudah dapat LO dari Kejaksaan mana yang bisa diganti mana yang tidak bisa diganti. Untuk ruas ini pada seksi satu Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km targetnya pada akhir 2017 sudah bisa diaspal semua. Kami targetkan sebelum lebaran 2018, sudah bisa fungsional untuk mendukung arus mudik,” kata Basuki. (jpnn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top