POLITIK

Khofifah Pastikan Maju di Pilgub Jatim, Sekjen PKB Bilang Begini

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding. Foto: dokumen JPNN.Com

KOLAKAPOS, Jakarta–Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding memastikan partainya akan mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018.

“PKB pasti Saifullah Yusuf,” kata Karding di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/7).

PKB tidak mempersoalkan Khofifah Indar Parawansa yang dipastikan juga akan maju di Pilgub Jatim, yang kabarnya akan mendaftar lewat Partai Demokrat. Menurut Karding, itu hak pribadi Khofifah.

“Kami berharap semua tokoh NU (Nahdlatul Ulama) bisa bersatu (dukung) satu orang saja,” ungkap Karding.

Menurut Karding, PKB mendukung Gus Ipul itu bukan saja karena keinginan partai pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tersebut. “Murni, karena kami diperintah oleh para kiai,” katanya.

Karding mengaku saat itu mendampingi Cak Imin dalam pertemuan dengan kiai-kiai di Jatim. Dalam pertemuan itu, para kiai memerintahkan PKB dukung Gus Ipul.

“Para kiai sepuh itu meminta kalau PKB mengaku partainya orang-orang NU harus mendukung Saifullah Yusuf. Mau tidak mau kami ke sana,” katanya.

Karenanya, Karding berharap juga supaya seluruh tokoh NU lainnya satu suara mendukung Gus Ipul.

“Kami berharap tokoh-tokoh NU menyadari bahwa pilgub ini untuk kepentingan warga NU dan Jawa Timur secara keseluruhan,” katanya.

Namun, Karding menegaskan bahwa PKB tidak melarang Khofifah jika ingin bertarung memperebutkan kursi Jatim 1.

“Itu hak pribadi tetapi PKB tentu tidak akan mendukung karena PKB sudah menentukan pilihannya pada Mas Saiful atas perintah kiai,” ujar Karding.

Dia mengaku memang ada kekhawatiran pecah karena Khofifah punya pasukan Muslimat NU. “Cuma tidak perlu khawatir berlebihan, karena pecah itu tidak ideal,” kata Karding. (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top