KOLAKA UTARA

Lima Kecamatan di Kolut Dicanangkan jadi Kampung KB

Asisten II Sekda Kolaka Utara Ir. Junus mencanagkan kampung KB di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara dengan melakukan pemukulan drum.

KOLAKAPOS, Lasusua–Lima Kecamatan di Kolaka Utara dicanangkan untuk menjadi Kampung KB. Hal itu menyusul penetapan desa Kalu-kaluku kecamatan Kodeoha dicanangkan sebagai kampung KB pada tahun lalu. Pencanangan kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Pembentukan kampung KB untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan. Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan KB Kolut, Saimah mengatakan pencanangan kampung KB akan digelar di lima Kecamatan yakni di Kecamatan Lasusua, Kodeoha, Lambai, Ranteangin dan Pakue. “Pencanangan kampung KB akan dilaksankan pada Lima Kecamatan yang dimulai di Kecamatan Lasusua di desa Pitulua. Pencanangan ini bukan sekedar seremonial semata namun dapat menjadi pilot project untuk mengatasi permasalahan kependudukan, Pokja kampung KB yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan amanah,” ujarnya saat pencanangan kampung KB di desa Pitulua kecamatan Lasusua, Kamis (27/7).

Sementara Kabid KSPK BKKB Sultra, Amar pencanangan kampung KB sudah dimulai presiden Djoko Widodo dari tahun 2016 dengan satu kabupaten satu kampung KB. Tahun 2017 ini dicanangkan satu kecamatan satu kampung KB. “Alhamdulillah di desa Pitulua ini sudah dicanangkan kampung KB, Kampung KB tidak hanya untuk pelayanan KB, masyarakat yang berada di kampung KB merencankan kehidupan berkeluarga dan menginplemantasikan pembangunan kependudukan yang berkualitas,” terangnya.

Plh Bupati Kolaka Utara yang diwakili Asisten II Sekda Kolaka Utara Junus menyatakan bahwa sasaran kampung KB lebih fokus pada masyarakat tidak mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan. ”Dengan dicanangkanya kampung KB ini diharapkan bergemanya lagi program Keluarga berencana yang menjangkau seluruh Indonesia Khususnya Wilayah Kolaka Utara,” harapnya.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa seluruh stekholder, SKPD, Camat khususnya Kepala Desa dapat memberikan perhatian khusus program KKBPK baik memberikan dukungan moril dan materil melalu anggaran APBDes dengan memberdayakan kader-kader KB yang ada d Desa. “Kader-Kader KB yang didesa siap untuk menyukseskan pembangunan menuju keluarga bahagia, Sehat dan Sejahtera menuju keluarga bahagia, sehat dan sejahtera demi terwujudnya keluarga yang berkualitas,” tandasnya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top