KOTA KENDARI

Pembangunan Talud Kali Wanggu Diusulkan 40 Miliar

KOLAKAPOS, Kendari–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusulkan rancangan anggaran pembangunan talud Kali Wanggu ke pemerintah pusat.

Kepala BPBD Sultra Boy Ihwansyah mengatakan usulan anggaran itu sudah dikirim ke Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) beberapa waktu lalu. Adapun total anggaran yang diusulkan sekitar Rp. 40 miliar.

“Saya sudah usulkan, kita menunggu verifikasi terlebih dahulu dari pusat,” ungkap Boy saat ditemui usai mengikuti rapat persiapan HUT RI ke-72, Jumat (28/7/2017).

Dijelaskannya bahwa anggaran itu akan diperuntukan untuk membangun talud disepanjang bibir kali wanggu terutama lokasi yang rawan terkena banjir. Diperkirakan panjang talud yang akan dibuat tersebut sekitar 2 kilometer.

Untuk diketahui, pada pertengahan bulan Mei lalu banjir yang merendam sejumlah rumah di bantaran kali mencapai 99 KK dengan korban banjir sekitar 406 orang dari 5 RT di Kelurahan Lepolepo, Kecamatan Baruga.

Boy mengharapkan usulan tersebut dapat disahuti pemerintah pusat sehingga pembangunan talud bisa dikerjakan untuk menanggulangi bencana banjir di Kota Kendari

“Ini juga sebagai bentuk kesiap siagaan kita sebagai instansi yang menangani hal tersebut,” pungkasnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top