EKOBIS

Ramai-Ramai Buka Lowongan Kerja, Industri Batam Mulai Bergairah

KOLAKAPOS, Batam–Sejumlah perusahaan akan kembali merekrut tenaga kerja untuk mengisi lowongan pekerjaan di berbagai kawasan industri. Ini merupakan angin segar bagi para pencari kerja yang sudah lama menganggur karena di-PHK atau mereka yang sama sekali belum pernah bekerja.

Menurut Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri OK Simaptupang, Batam masih terus bisa berkembang. Dia mengatakan saat ini di beberapa kawasan industri di Kepri mulai membuka lowongan kerja.

“Siapa yang bilang redup, masih (bersinar,red),” ujar OK Simatupang.

Bahkan empat perusahaan yang bernaung di Kawasan Industri Batamindo dalam waktu dekat kembali akan merekrut banyak operator. Untuk pengumuman lowongan kerja ini, akan dipajang di Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo.

“Ada, tapi saya kurang tau berapa jumlah tenaga kerja yang akan direkrutnya,” kata Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioen.

Empat perusahaan yang akan buka tersebut menurut Tjaw, yakni PT Tunas Karya, Indoyasa, Flextronics dan Patlite. “Kalau Indoyasa merekrut tenaga kerja untuk Ciba (Vision) lagi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Ayung ini, mengatakan bahwa hampir setiap bulan ada penerimaan karyawan di kawasan industri Batamindo. “Selalu ada,” katanya.

Sementara di Kawasan Industri Kabil, Manajer Personalia PT Citra Mas Group, Naradewa mengatakan untuk beberapa perusahaan yang ada di Kabil juga akan merekrut tenaga kerja. “Dalam waktu dekat, ada,” tuturnya

Namun Naradewa tak menyebutkan perusahaan apa saja yang akan melakukan perekrutan tenaga kerja. “Lihat aja nanti,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengakui pasca lebaran jumlah perusahaan yang membuka lowongan kerja meningkat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

“Sebelumnya hanya satu atau dua perusahaan yang buka dan itu tidak banyak yang diserap,” kata Rudi, Sabtu (29/7).

Informasi yang diterimanya, sektor industri menjadi penyerap tenaga kerja yang paling banyak jika dibandingkan dengan industri galangan kapal, jasa, dan lainnya.

“Yang buka sudah banyak, termasuk galangan, tapi industri masih mendominasi seperti yang terlihat di kawasan Mukakuning dan tempat lainnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan tren posistif ini diharapkan bisa berlanjut sehingga perekonomian Batam kembali membaik. Menurutnya banyaknya lowongan yang dibuka saat ini mungkin dikarenakan banyak karyawan yang habis kontrak sebelum lebaran Idul Fitri.(jpnn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top