KOTA KENDARI

38 Peserta SMN Kunjungi Museum Provinsi Sultra

KOLAKAPOS, Kendari–Sebanyak 38 peserta dari Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur (Jatim) yang merupakan program BUMN Hadir Untuk Negeri 2017. Mereka melakukan kunjungan ke Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tenggara dengan tujuan untuk mendapatakan ilmu pengetahuan dan pengalaman terhadap benda-benda peninggalan bersejarah yang ada di daerah itu.

SMN yang didampingi tiga guru pendamping, sebelum meninjau museum Sultra, mereka mendapat penjelasan dari pejabat Kepala Seksi Bimbingan dan Penyuluhan Museum Provinsi Sultra, Rustam Tombili.

Para pelajar dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur itu, mendapat kesempatan melakukan kunjungan di beberapa tempat tertentu, sesuai dengan program yang sudah terjadwal oleh panitia dari BUMN hadir untuk negeri tahun ini. Dimana yang ambil bagian kali ini adalah dari pihak PT.(persero) Pengadaian Indonesia.

Dalam kunjungan SMN ke Museum Provinsi, mereka diperkenalkan dengan beberapa koleksi sejarah yang tersimpan di museum di antaranya rumah adat etnis Tolaki, koleksi perahu Suku Bajao, koleksi kendaraan dinas Gubernur Sultra pertama dan beberapa koleksi satwa langka (Anoa khas Sulawesi), replika penemuan ikan paus dan koleksi mata uang yang pernah digunakan masyarakat setempat jaman Belanda di Sultra.

Salah seorang peserta SMN Feri (16) asal sekolah SMK Pasuruan Jatim mengatakan mengapresiasi kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, dan selama kegiatan yang diikuti selama sepekan terkahir, sudah banyak ilmu pengetahuanan yang diperoleh sebelum mengunjungi Museum Negeri Sultra.

“Ternyata di negeri kita Indonesia ini punya berbagai koleksi sejarah yang luar biasa. Dan kami sebagai generasi pelanjut tentu harus mengetahui dan mempelajarinya terkait kekayaan budaya nusantara,” ujaranya.

Salah seorang pendamping SMN, Hendra mengatakan para siswa dan siswi dari 38 peserta dari Jawa Timur itu merupakan siswa pilihan dari 38 kabupaten kota di seluruh Jatim yang diseleksi secara ketat.

Ia mengatakan Program BUMN Hadir untuk Negeri merupakan program yang luar biasa dimana semua pembiayaan ditanggung oleh PT Pegadaian dan PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero).

“Program BUMN Hadir untuk Negeri tahun ini dengan melalui salah satu bentuk kegiatan Siswa Mengenal Nusantara merupakan tahun ketiga sejak hadirnya BUMN untuk negeri dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan para siswa dalam moment pertukaran pemuda dengan lebih mengenal BUMN secara keseluruhan,” katanya.

Rangkaian kegiatan SMN asal Jatim itu, setelah mengunjungi Museum Provinsi juga berkunjnung ke taman Budaya Sultra kemudian melakukan silaturrahmi ke Pemprov Sultra. (p2/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top