KONAWE SELATAN

Kementan Suplai 250 Bibit Sapi Brahma di Konsel

Kementan Amran Sulaiman bersama Wabup Konsel saat mengikuti rapat koordinasi di Makassar.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Sebagai wilayah swasembada pangan dan daging secara nasional, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tahun ini telah merealisasikan 8.000 hektar pembukaan lahan pertanian dan 2.000 hektar lahan Calon Petani Calon Lahan (CPCL) dari target 20 ribu hektar Senin (31/7).

 

Wakil Bupati Konsel,H. Arsalim Arifin saat mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman di Makassar mengatakan, Konsel juga merupakan wilayah swasembada daging oleh Kementerian Pertanian RI. Dengan memberikan bantuan 250 benih sapi brahma.

“Konsel saat ini telah memiliki UPTD pembibitan dan juga areal peternakan sapi seluas 250 hektar di Desa Anduna, untuk itu kita mendapat bantuan benih sapi brahma,” jelasnya.

Pasangan Surunuddin ini mengatakan, fokus Pemda yakni mempertahankan Konsel sebagai sumber bibit sapi nasional. Begitu juga dengan Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

“Kita harapkan untuk produksi ternak sapi di Konsel bisa meningkat, apalagi kita telah memiliki SPR di Kecamatan dan desa yang diharapkan area peternakan di kecamatan dan desa bisa berkembang,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya bantuan dan kepercayaan dari pemerintah pusat, pihaknya yakin jika Kabupaten Konsel akan menjadi lumbung sentra bibit sapi se-Indonesia sebagaimana yang telah dicanangkan.

“Sehingga baik pertanian dan suplai daging, baik itu ditingkat daerah, provinsi, nasional maupun ekspornya dapat berasal dari Konsel,” imbuhnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top