SULSELBAR

Kota Terengganu-Makassar Jadi Sister City

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto saat menerima Enc Mohd Sophian B Abu Bakar Setiausaha Bahagian (Khidmad Kepengurusan) Pemerintah Kerajaan Bandar Kuala Terengganu bersama rombongan, di Rujab Anging Mammiri, akhir pekan lalu.

KOLAKAPOS, Makassar–Kota Terengganu Malaysia dan Kota Makassar, bisa saja menjadi sister city. Selain karena memiliki beberapa kesamaan, kedua daerah ini memiliki kedekatan sejarah.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengajak Kota Terengganu, Malaysia, untuk menjadi sister city dengan Kota Makassar. Menurutnya, Malaysia memiliki sejarah kedekatan dengan Indonesia, khususnya di Makassar. Bahkan, kedua kota ini pernah menggagas pembentukan Persaudaraan Melayu.
“Meski tidak berlanjut, namun saya rasa momen-momen sekarang inilah sangat kita butuhkan kembali,” kata Danny, saat menerima Enc Mohd Sophian B Abu Bakar Setiausaha Bahagian (Khidmad Kepengurusan) Pemerintah Kerajaan Bandar Kuala Terengganu bersama rombongan, di Rujab Anging Mammiri, akhir pekan lalu.
Jika sudah terjalin sister city, kata Danny, tentu akan memudahkan berbagai urusan. Khususnya jalinan kerja sama antara kedua kota. “Silahkan dilihat peluang di Makassar, apa saja yang bisa kita kerja samakan ke depan,” ujarnya diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (31/7).
Kehadiran Pemerintah Kerajaan Terengganu dari Negeri Jiran ini, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo. Tak lupa Danny menjamu tamu kehormatannya itu dengan aneka kuliner khas Makassar. Diantaranya mie kering, sop saudara, barongko, dan putu pesse.
“Dari 100 orang yang datang ke Makassar, 90 diantaranya mengatakan ingin menikmati kulinernya. Kalaupun ada tujuan utama mereka, pasti tujuan keduanya untuk menikmati makanan khas Makassar,” sebut Danny.
Tak lupa, Danny menginformasikan bahwa di bulan September mendatang, Makassar akan menghelat Festival Internasional F8. Malaysia sendiri dikabarkan telah mengonfirmasi kehadiran tujuh kotanya.
Selain Malaysia, Amerika, Korea, Inggris juga dipastikan akan berkontribusi dengan mengikutsertakan artis, band, DJ, atau pun musisi yang menjadi ikon negaranya masing-masing. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top