KONAWE SELATAN

Bangun Pabrik Gula di Konsel, Kementan Alokasikan Rp 2 Triliun

Mentan RI, Amran Sulaiman didampingi Plt Gubernur Sultra, bersama bupati dan wakil bupati Konsel saat mengunjungi Konsel.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Rencana pembangunan pabrik gula di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), akan segera terwujud. Pasalnya, Kementerian Pertanian (Kementan) RI telah mengalokasikan anggarannya.

Hal itu itu diungkapkan Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman saat mengunjungi Kabupaten Konsel, Selasa (1/8) kemarin.

Amran Sulaiman mengatakan, Kementan RI telah menyiapkan anggaran Rp 2 Triliun, guna pembangunan pabrik gula di Konsel.

“Saat ini kita masih perlu membangun enam pabrik gula, yang tersedia baru empat pabrik dibeberapa wilayah,” ujar Amran.

Menurut Amran, pembangunan gula di Konsel telah disiapkan anggarannya oleh pemerintah pusat, dan yang dibutuhkan adalah dukungan masyarakat dan pemerintah daerah. Bukan saja di Konsel melainkan Kabupaten Bombana juga akan di bangun pabriknya.

“Tinggal menunggu waktu saja. Intinya pembangunan pabrik gula di Konsel pemerintah siap turun tangan,” ujarnya.

Mentan juga menyinggung usai mensukseskan padi jagung dan kedelai, Kementan RI akan beralih fokus pada kejayaan rempah-rempah di Indonesia. Pasalnya Indonesia didatangi oleh bangsa Eropa karena rempah-rempah yang melimpah.

“Ayo kita kembalikan kejayaan rempah-rempah kita. Pemerintah pusat sesuai intruksi presiden telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,5 triliun melalui APBN-P,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, peluncurannya di tahun 2018 sesuai arahan presiden. Sekarang Indonesia tidak lagi impor jagung, beras dan bawang.

“Artinya kita mampu. Kedepan potensi rempah-rempah demikian pula gula dan sapi ini, untuk di Konsel dan Bombana, serta Kolaka, tambah dia, fokus pada sinergitas gula dan swasembada daging.” tuturnya.

Sementara itu, pekan lalu Bupati, H Surunuddin Dangga dan wakil Bupati H Arsalim Arifin telah melakukan rapat bersama Dirjen Perkebunan RI di Jakarta dan para perwakilan perusahaan perkebunan di Konsel.

Melalui rapat tersebut, Surunuddin selaku Bupati Konsel menyambut baik dan membuka lebar pembangunan pabrik di Kabupaten Konsel.

“Kita sangat senang dengan adanya pembangunan pabrik tersebut, apa lagi sudah sejak lama dirindukan oleh masyarakat Konsel,” imbuhnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top