KOLAKA TIMUR

1.286 Meter Drainase di Karemotingge Dibangun Pakai DAD

KOLAKAPOS, Tirawuta–Desa Karemotingge, kecamatan Tirawuta Kolaka Timur dapat menjadi contoh pemanfaatan Dana Anggaran Desa (DAD). Sebelum memanfaatkan anggaran nasional itu, dirembugkan apa yang menjadi kebutuhan.
Kepala Desa Karemotingge, Ashar Moita mengatakan, DAD yang telah masuk ke kas desa baru sebesar 60 persen. Sesuai kesepakatan dengan aparat desa dan masyarakat, anggaran tersebut digunakan untuk membangun drainase. Makanya tak heran, sepanjang desa Karemotingge, terlihat pembangunan drainase. Ashar menyebut drainase yang dibangun sepanjang 1.286 meter. “Di desa kami, kalau musim hujan air tergenang di tengah jalan. Untuk itu kami mendahulukan pembangunan drainase supaya ada saluran air saat hujan,” jelasnya.
Namun Ashar mengungkapkan, untuk pencairan DAD tahap kedua yang tersisa 40 persen, akan digunakan untuk pembangunan lainnya. “Nanti sesuai kesepakatan aparat desa dan masyarakat,” ungkapnya.
Selain itu, Ashar mengatakan, sejak berpisah dari desa induk Tawainalu, desanya belum memiliki kantor desa. Saat ini mereka hanya menempati kantor sementara yang tidak layak ditempati sebagai kantor. Sebenarnya Pemkab Koltim sudah menganggarkan pembangunan kantor serta balai desanya. Namun hal tersebut urung terlaksana karena terkendala lahan. “Saat ini lokasi untuk kantor pembangunan desa sudah ada, tinggal menunggu dana tahap berikutnya,” imbuhnya.
Di tempat terpisah, koordinator pengawasan pendamping desa Koltim, Laode Amran mengatakan meaki DAD sudah dicairkan, masih ada beberapa desa yang belum melaksanakan pembangunan. Padahal pekerjaan sudah harus dirampungkan dalam bulan ini. “Tapi saya lihat desa Karemotingge yang jauh dari jalan poros, pekerjaannya sudah hampir selesai,” tandasnya. (m2/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top