POLITIK

Dedi Berpeluang Menangi Pilgub Jabar

Dedi Mulyadi

KOLAKAPOS, Jakarta–Dedi Mulyadi dinilai berpeluang besar memenangi pemilihan Gubernur Jawa Barat setelah sebelumnya mendapat tiket dari DPP Partai Golkar. Namun dengan catatan, harus mampu mencari pendamping calon wakil gubernur yang popularitasnya setara dengan Bupati Purwakarta tersebut.
“Berkaca dari perolehan hasil Pemilu 2014, Golkar peraih suara terbanyak ke dua setelah PDI Perjuangan untuk Jawa Barat. Jumlah kursi Golkar di DPRD Jabar mencapai 17 kursi, di bawah PDIP yang meraih 20 kursi. Saya kira ini modal yang sangat besar bagi Dedi untuk memenangi Pilgub Jabar,” ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin kepada JPNN, Rabu (2/8).
Menurut Ujang, dengan modal 17 kursi praktis Golkar hanya membutuhkan dukungan tiga kursi lagi untuk dapat mengusung pasangan calon nantinya. Angka tersebut tentu tidak begitu berat, dibanding perjuangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disebut-sebut bakal mengusung Deddy Mizwar. Pasalnya, PKS hanya memiliki 12 kursi di DPRD Jabar.
“Jadi dari sisi perolehan kursi Dedi lebih diuntungkan dibanding pesaingnya yang disebut-sebut memiliki elektabilitas cukup baik. Misalnya Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar atau Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang sampai saat ini baru didukung Partai NasDem dengan kekuatan lima kursi,” ucapnya.
Saat ditanya siap nama pasangan calon wakil gubernur yang tepat untuk mendampingi Dedi, Direktur Eksekutif Indonesia Politikan Review (IPR) menyebut beberapa nama. Antara lain Desy Ratnasari. Karena selain aktris, Desy merupakan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki empat kursi di DPRD Jabar.
“Tapi peluangnya saya kira lebih besar jika berpasangan dengan Ridwan Kamil. Hasil survei berbagai lembaga menempatkan elektabilitasnya di atas yang lain. Apalagi saat ini Kang Emil juga disebut-sebut dekat dengan PDIP, meski PDIP belum menentukan sikap siapa yang akan diusung untuk Pilgub Jabar,” pungkas Ujang.(gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top