KOLAKA UTARA

Adipura Persembahan Terakhir Rusda Mahmud

Plh Bupati Kolut Drs.Iskandar,MM memperlihatkan Piala Adipura yang diraih Kolaka Utara. FOTO: Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPO, Lasusua — Adipura keempat yang diraih Bumi Patampanua itu tidak terlepas dari hasil kerja keras Rusda Mahmud, sebagai Bupati Kolaka Utara yang sukses memimpin selama 10 tahun. Piala Adipura tersebut adalah prestasi terakhirnya yang disumbangkan untuk Bumi Patampanua diakhir masa jabatanya.

Plh Bupati Kolaka Utara Iskandar menjelaskan, apa yang diraih Kolaka Utara tidak terlepas dari hasil kerja Rusda Mahmud, dirinya hanyalah menerima Piala Adipura saja di Jakarta. “Ini adalah hasil kerja keras masyarakat Kolaka Utara dan dukungan semua elemen untuk terus menjaga lingkungan, dan Piala Adipura ini adalah persembahan Bapak Rusda Mahmud pada masa ahkir jabatanya, saya hanyalah melanjtkan dan menerima Piala Adipura ini,” katanya.

Dari 17 Kabupaten dan Kota di Bumi Anoa hanya dua Kabupaten dan dua Kota yang meraih Piala Adipura, yakni Kota Bau-bau dan Kendari, Kabupaten Konawe dan Kolaka Utara meraih piala Adipra kategori kota kecil. Penyerahan Piala Adipura itu diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada 2 Agustus Lalu.

Dikatakan Iskandar, bahwa selain Kolut memliki Tempat pembuangan Akhir (TPA) sampah yang telah sukses mengelolah limbah sampah, Kolaka Utara juga memiliki hutan Kota yang disinergikan dengan sircuit sapulidi menjadi poin tertinggi dalam penilan Adipura. Pasalnya, meski memiliki sircuit tapi tetap menjaga lingkungan sehingga tetap bersih dan nyaman.

“Waktu kita presentase dan memperlihatkan di slide orang Kementerian tidak percaya, dikiranya itu baru sekedar Maping saja, karena menganggap mensinergikan Hutan Kota dan Sircuit itu adalah hal yang baru, dan kita membuka sircuit atas ide bapak Rusda Mahmud itu tetap menjaga hutan dan tidak merusaknya, jadi kita ikuti lekuk-lekuk hutan agar tetap terjaga keasrianya,” terangnya.

Kedepanya pembangunan Kolaka Utara akan disinergikan dengan lingkungan seperti pariwisata, dan kampung kuliner Kolaka Utara yang saat ini masih tahap penyelesaian, akan disinergikan dengan lingkungan juga, dan untuk meraih Adipra tahun 2018 mendatang Pemda Kolut siap berbenah untuk kembali meraih Piala Adipra yang standar penilaian yang lebih tinggi.

“Untuk tahun depan standar penilaiannya pasti akan lebih tinggi dan kita tetap optimis akan meraih Adipura lagi dengan pemimpin yang baru nantinya,” tandasnya.

Sebagai bentuk rasa suka cita ratusan masyarakat Kolaka Utara ikut menjemput Piala Adipura di Bandara Sangia Nibandera Tanggetada, Kolaka, Sabtu (5/8) lalu. Piala Adipura tersebut kemudian diarak dengan menggunakan puluhan kendaraan mulai dari Bandara hingga memasuki Kota Lasusua. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top