METRO KOLAKA

USN Raih Juara Satu di Lomba MTQ Mahasiswa se Indonesia

Kafilah USN Kolaka Sulawesi Tenggara Berhasil Meraih Medali Emas Bidang Hifzil Qur'an Pada MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017 di Universitas Brawijaya & Universitas Negeri Malang

KOLAKAPOS, Kolaka — Hapisah Adawiah, mahasiswa asal Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka berhasil menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan meraih juara terbaik 1 dalam lomba cabang Hifzh Al Quran 20 Juz untuk kategori Hafizhah (Penghapal wanita) di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat mahasiswa di Indonesia ke 15 yang diselenggarakan pada (3/8) kemarin.

Lomba yang diikuti oleh khafilah dari 251 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia itu digelar di kampus Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang (UNM), kota Malang, Jawa Timur (Jatim) mulai tanggal 27 Juli hingga 3 Agustus kemarin.
dalam ajang itu Hapisah Adawiyah dengan perolehan nilai 95,75, berhasil mengalahkan Hafizah tuan rumah, Makiatul Madaniyah, dari Universitas Negeri Malang dan Eva Cahaningsih, mahasiswa asal Universitas Syiah Kuala.

Ketua Kafilah MTQ Mahasiswa USN Kolaka, Saleh Sutrisna menjelaskan, atas prestasinya itu, Hapisah Adawiyah mewakili kampusnya mendapatkan trofi terbaik satu dari Sekretariat Jenderal Pendidikan Tinggi serta uang pembinaan sebesar Rp 7 juta.

Dalam kontes MTQ antar mahasiswa nasional itu, USN Kolaka hanya mengikuti tujuh cabang perlombaan, 13 cabang yang ada. Diantaranya adalah, lomba Tarkil Al Quran putra dan putri (debat bahasa Inggris isi kandungan Al Quran), Tahmil Quran (cerdas cermat tentang isi kandungan Al Quran) dan Khatil Quran (menulis kaligrafi).

“Dari tujuh cabang yang kita ikuti, Alhamdulillah, USN mampu meraih medali emas di salah satu cabang yang ada. Yakni, lomba Hafizah kategori 20 juz,” kata Saleh Sutrisna.

Menurut dosen Pendidikan Agama Islam di USN Kolaka ini, selama dua kali menjadi peserta MTQ Mahasiswa nasional, pihaknya sudah dua kali juga mengukir prestasi untuk kampusnya.
Dimana tahun 2015 lalu, dalam lomba MTQ tingkat mahasiswa ke XIV yang digelar di Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat (Jabar), khafilah asal USN juga berhasil meraih juara harapan 1 (juara terbaik 4) untuk lomba Tarkil Quran.

Selain meraih juara terbaik satu untuk kategori penghafal Al Quran tahun ini, USN Kolaka juga dikukuhkan dalam daftar 10 besar kampus peraih medali terbaik di MTQ tingkat mahasiswa itu.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka Azhari mengapresiasi prestasi yang diukir oleh mahasiswanya itu. Menurut dia, prestasi itu tentu sesuatu yang membanggakan. Apalagi, USN sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang baru berusia tiga tahun, namun sudah mampu bersaing dengan kampus-kampus negeri lainnya di tingkat nasional.  “Saya mengucapkan terimakasih kepada kafilah USN yang telah berhasil membawa nama baik dikancah Nasional,” kata Azhari. (cr4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top