EKOBIS

Harga Cabai Naik di Tanggetada

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Petani cabai di wilayah Kolaka, mengakui merasakan manfaat dari tingginya harga komoditas strategis tersebut yang dijual di pasaran seperti Cabai.

“Dampak dari tingginya harga cabai jelas kita merasakannya, karena katakanlah kalaupun produksi cabai turun tapi dengan harga yang tinggi sekarang ini kita tertolong juga,” kata Herman petani cabai di Tondowolio kecamatan Tanggetada.

Menurut dia, manfaat positif dari tingginya harga cabai di Kolaka sudah dirasakan sejak cabai mengalami kenaikan beberapa waktu lalu, sebab setidaknya petani bisa menjual cabai hasil panen dengan harga lebih tinggi dibanding biasanya.

“Alhamdulilah dengan naiknya Cabai, petani saat ini bisa menyisihkan uang hasil cabainya,” katanya.

Herman bersama sejumlah petani di Desa Tondowolio lainnya masing-masing meiliki lahan seluas meter persegi untuk ditanami cabai jenis cabai merah . Harga cabai merah keriting dijual ke pengepul dengan kisaran Rp 50.000 per kilogramnya padahal harga sebelumnya hanya Rp 20.000 per kilonya.

“kenaikan Rp30.000 per kilogramnya pastinya membawa dampak baik untuk para petani cabai di Kolaka,” tambahnya

Dengan demikian, kata dia, meskipun produksi panen cabai pada musim tanam sekarang ini tidak maksimal karena faktor cuaca, namun dengan tingginya harga cabai tersebut menjadi berkah, karena petani meraih keuntungan besar.

“Jadi meski sekarang musim tanam dengan perawatan yang ekstra karena banyak hama dan hasilnya turun kita tertolong dengan harga tinggi. Kalau musim kemarau serangan hama lebih kecil, produktivitas tinggi tapi harganya pasti turun,” katanya.

Dia menuturkan, para petani berharap harga komoditas hortikultura itu nantinya tidak selalu mengalami perubahan yang signifikan, seperti yang terjadi selama ini terkadang harga naik drastis, namun pada kesempatan waktu lain turun drastis.

“Yang petani inginkan sebenarnya bukan harga yang fluktuatif naik, namun kestabilan harga saja, agar bisa menikmati harga itu kami sudah bersukur,” tuturnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top