KONAWE

Sambut Hut RI, Lomba Tangkap Tikus Digelar

Kepala dinas pertanian Sahruddin saat mengumpulkan hasil tangkapan tikus di persawahan petani.

KOLAKAPOS, Unaaha–Ada yang unik dalam menyambut Hut RI ke 72 yang digelar di kabupaten Konawe. Dalam menyambut Hut RI, Dinas Pertanian dan Holtikultura Konawe bersama Balai Proteksi Tanaman Pangan (BPTP) kecamatan Wonggeduku Barat menggelar lomba mengakap tikus di lahan perwasahan warga di desa Puday.

Penangkapan hewan yang menjadi musuh petani tersebut dilakukan langsung di lahan persawahan desa setempat. bagi peserta yang berhasil mengumpulkan tikus, panitia lomba sudah menyiapkan hadiah berupa uang hasil tangkapan perekor tikus.

Kepala Dinas Pertanian Konawe, Sahruddin, mengatakan, lomba menangkap tikus ini baru pertama kali dilakukan. Lomba ini selain bertujuan membasmi populasi tikus ini juga memperingati HUT RI ke-72.

“Kegiatan ini baru pertama kali kami adakan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pembasmian popilasi tikus dilahan persawahan,” ungkapnya.

Sahrudin menambahkan, peserta lomba hampir seluruhnya petani. Ada sekitar 73 peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut, area sawah yang di gunakan untuk lomba menangkap tikus yaitu seluruh persawahan dengan luas sekitar 100 hektar.

” Ada sebanyak 250 ekor tikus yang berhasil di temukan peserta, perekornya itu kita bayar lima ribu hingga enam ribu rupiah,” terangnya

Salah satu petani, mengaku senang dengan kegiatan lomba menangkap tikus. Selain untuk hiburan juga bermanfaat untuk mengurangi hama tikus musim tanam tahun ini, diharapkanya kegiatan ini akan terus di adakan dinas pertanian.

“Saya berharap kegiatan ini tiap tahun di adakan,” ungkap nas warga Puday.(m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top