EKOBIS

BNI Syariah Kolaka Tawarkan Tiga Produk Pembiayaan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Bank Negara Indonsia (BNI) Syariah Kolaka memiliki tiga jenis produk pembiayaan yang bisa digunakan bagi yang membutuhkan bantuan dana. Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari lima juta hingga satu milyar rupiah.

Kepala Cabang BNI Syariah Kolaka, Abdul Hamid mengatakan ketiga produk yang ditawarkan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah, baik yang bersifat produktif maupun konsumtif. Kebutuhan produktif yang dilayani seperti modal usaha pembelian barang dan modal kerja ataupun investasi. Sedangkan kebutuhan konsumtif adalah kebutuhan seperti biaya pendidikan dan kesehatan.

Lanjut menurut Hamid, ketiga pembiayaan tersebut terdiri dari layanan mikro dua, dimana pihak bank memberikan pinjaman kepada nasabah untuk memenuhi beberapa keperluan. Misalnya, pembiayaan pembelian barang modal kerja, investasi produktif dan pembelian barang lainnya yang bersifat konsumtif.

“Untuk keperluan tersebut bank memberikan pembiayaan mulai dari lima juta hingga Rp500 Juta,” ujarnya.

Sedangkan pembiayaan Mikro tiga diperuntukan khusus bagi yang ingin memenuhi kebutuhan dengan nilai dana yang besar. Pembiayaan ini mulai dari Rp100 Juta hingga Rp1 Myliar dengan jangka waktu pembiayaan mulai 6 hingga 60 bulan.

Selain itu, BNI Syariah juga menyediakan jasa produk Griya Swakarya iB Hasanah yang merupakan produk inovasi model bisnis syariah dengan dasar akad jual beli. Produk ini diperuntukan khusus bagi developer perumahan.

“Dalam prosesnya BNI syariah membiayai developer untuk membangun perumahan. Developer hanya menyediakan lahan, dan legalistas lainnya yang diperlukan,” ujar Hamid.

Hamid menambahkan bahwa bagi masyarakat, manfaat dari model bisnis ini dapat memangkas harga properti yang semula mengandung harga pokok plus margin dari developer serta margin dan pembiayaan bank. Maka harga properti dengan model bisnis ini diharapkan lebih kompetitif karena komponen biayanya menjadi hanya terdiri dari harga pokok plus margin pembiayaan bank. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top