KOTA KENDARI

Tiga Daerah di Sultra Bakal Terima Penduduk Transmigrasi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra Saemu Alwi.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) Bakal menerima penduduk Transmigrasi pada tahun ini, Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra Saemu Alwi. Senin (9/8).

Menurutnya adapun ketiga daerah yang akan menerima Transmigrasi itu yakni Kabupaten Muna Barat (Mubar), Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dan Kabupaten Konawe, dengan total 225 Kepala Keluarga (KK).

“Tahun ini ada penempatan 225 KK. Di Konawe di Rauta, Koltim di Anawua, Mubar di Tiworo Tengah, mereka ini dari Jatim, jabar Jateng DIY, sama Bali,” terangnya.

Mengenai kapan waktunya, Mantan Asisnten I Pemprov Sultra ini belum dapat memastikan, sebab sampai saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Baru saja kita rapat di Bandung antara penerima dan daerah pengirim. Polanya itu adalah pola 50:50, jadi dari lokal setengah dan dari luar setengah, berarti dari 225 KK ini tinggal dibagi dua saja,” terangnya.

Dibeberkan para peserta Transmigrasi ini, sesuai dengan peraturan yang berlaku akan mendapatkan 2 Hektar Tanah, Rumah, dan biaya jaminan hidup selama dua tahun.

“Pertama rumah konstruksi rumah sesuai dengan yang diatur transmigrasi, Pekarangan seperempat hektar, Lahan 1 3/4 hektar, dari dua Hektar, serta jaminan hidup selama dua tahun,” bebernya.

Ditambahkan, menanggapi isu yang beredar sering terjadinya adanya peserta transmigrasi yang pulang kembali ke daerah asal, dirinya mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan setiap daerah asal untuk tidak mengikutkan lagi para peserta tersebut.

 

“Jadi konsekuensinya itu kita blacklis, sehingga mereka tidak bisa lagi bertrasmigrasi ketempat lain, jadi antara penerima dan pengirim itu ada MOU. Kalau kita mau sanksi cukup begitu saja, soalnya transmigrasi ini adalah tanggung jawab pemerintah dan juga program yang harus dijankan,” tandasnya (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top