KONAWE SELATAN

Peduli CJH Konsel, Bupati Beri Bantuan Uang Saku

Bupati Konsel saat memberikan uang saku kepada CjH Konsel yang akan berangkat haji

KOLAKAPOS, Andoolo–Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, ST,.MM melepas secara resmi Calon Jamaah Haji Kabupaten Konsel, Tahun 1438 H/2017 Masehi. Di Aula Rujab Bupati, didampingi Wakil Bupati Dr. Arsalim Arifin, SE.,M.Si. Jumat (11/8).

Ketua Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Konsel Ir. H.Agusalim yang juga Assisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemda Konsel telah bekerjasama, dengan Kemenag Konsel telah mengadakan kegiatan untuk Calon Jamaah Haji (CJH).

“Seperti pembinaan dan pelatihan Manasik Haji, sehingga bisa menjadi bekal yang cukup selama menjalankan proses ibadah Haji di Mekkah nantinya, total Jamaah berjumlah 65 orang yang terdiri dari 26 pria dan 39 wanita. Dan Insya Allah CJH Konsel ini akan diberangkatkan15 Agustus pekan depan Pukul 11.00 Wita, dan penerimaan di Embarkasi Makassar Tanggal 16, Pukul 13.00 Wita, selanjutnya Pemberangkatan Ke Jeddah Tanggal 17, pukul 13.00 Wita,” jelas Agusalim.

Dikatakan Kepala Kantor Kemenag Konsel Adnan Saufi, S.Pd.M.Si, bahwa untuk pemondokan CJH Konsel Hotelnya sudah disiapkan yang terbaik dan tidak terpisah seperti Kabupaten lain.

“Insya Allah CJH akan berada di Mekkah dari keberangkatan hingga kepulangan selama 40 hari dan biasanya ada tambahan 3 Hari,” terangnya.

Sedangkan, Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka, S.Si, S.Pd, mengungkapkan bahwa CJH Konsel tergabung dalam Kloter 23, dimana terdiri dari gabungan CJH dari Koltim, Busel dan Kab Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk usia yang tertua CJH Konsel berasal dari Desa Rambu-rambu Kecamatan Laeya, bernama Manta Binti Gello usia 78, termuda Erni Ria Binti Muhammad usia 22 dari Desa Pudambu Kecamatan Angata,” Rinci Hamlin.

Sementara itu Bupati Konsel Surunuddin Dangga, menyampaikan pesan yang harus diperhatikan, dijaga dan dilaksanakan oleh seluruh JCH. Yakni menjaga persatuan dan kesatuan, kesehatan, kesabaran, kekompakan, dan kebersamaan sesama CJH Konsel maupun dari Kabupaten lainnya.

“Jika bapak/ibu mampu menjaga hal itu, Insya Allah seluruh prosesi pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Makkah bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar, serta cita-cita untuk menjadi Haji Mabrur bisa tercapai. Dan sebagai bentuk kepedulian Pemda Konsel dengan ini kami berikan uang saku kepada setiap CJH untuk tambahan persiapan selama disana,” terang Surunuddin.

Pihaknya menmbahkan CJH Konsel agar menjaga nama baik daerah, maupun bangsa Indonesia. Selama melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci, karena di Makkah CJH dari berbagai negara akan berkumpul dan berharap melaksanakan seluruh rangkaian Ibadah Haji secara baik pula.

“Fokus dengan ibadah saja, tidak usah ingat yang lain selama mengikuti proses Haji, Sehingga mampu beribadah dengan Khusyu, cerdas mengambil hikmah dari amalan Ibadah Haji. Serta pandai mengaplikasikan nilai-nilai ahlak luhur setelah pulang Haji, sehingga terwujud Figur Haji Mabrur dan dapat menjadi Teladan dimasyarakat,” ungkapnya.

Pelepasan CJH Konsel juga dihadiri, Sekda Ir. Drs. H. sjarif sajang, M.Si., Kapolres AKBP Yeyen Lesmana, S.IK, Ketua DPRD Irham Kalenggo, S.Sos., M.Si, Kepala Kantor Kemenag Adnan Saufi, S.Pd.M.Si, dan Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka, S.Si, S.Pd Pemda Kabupaten Konawe Selatan. (k5/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top