MUNA

Puluhan Murid TK di Muna Ikut Gerak Jalan Indah

Anak-anak Paud dan TK ini begitu semangat ikut carnaval gerak jalan indah meski panas matahari begitu menyengat kulit.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Sebagai wujud penanaman edukasi terhadap anak usia dini untuk mencintai tanah air dan mengingat jasa-jasa para pahlawan, puluhan murid Pendidikan Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Muna mengikuti gerak jalan indah yang dibuka Bupati Muna LM Rusman Emba dalam rangka menyambut perayaan HUT RI ke 72. Hal tersebut dikemukakan kepala TK Negeri Pembina Raha Waode Siti Harni pada Kolaka Pos Minggu siang, (13/8).

Menurutnya, banyak cara untuk memberikan edukasi cinta tanah air terhadap anak usia dini. Salah satunya yakni dengan melibatkan anak-anak usia dini pada perayaan HUT Proklamasi. “Di usia dini, atau usia TK, usia itu merupakan usia-usia keemasan, sehingga perlu ditanamkan rasa sosialisme yang tinggi. Acara ini juga secara tidak langsung mereka di ingatkan betapa gigihnya para pahlawan merebut kemerdekaan sehingga mereka dapat merayakan salah satunya dengan gerak jalan ini,” terangnya.

Salah satu contoh yang paling nampak kata Waode Siti Harni yakni beragam busana yang dikenakan anak-anak TK tersebut mulai dari kostum aparat penegak hukum hingga pakaian adat nusantara. “Coba lihat keceriaan mereka, begitu cantik dan gagah anak-anak kita ini mengenakan baju TNI, Polisi, Pilot, dokter dan baju adat seperti baju adat Muna, Bugis dan lainnya. Hal itu membangkitkan semangat mereka dan tentunya mereka akan punya cita-cita. Untuk pakaian adat tentunya itu mencerminkan semboyan negera kita Bihneka Tunggal Ika,” katanya

Ditempat yang sama, salah seorang murid TK Negeri Pembina Raha Cahya Putry Evendi yang mengikuti carnaval gerak jalan indah siang itu merasa sangat senang dan gembira kendati terik matahari begitu panas membakar kulitnya. “Ini hari kemerdekaan Indonesia,” singkatnya. (m1/hen/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top