POLITIK

Fasha Belum Tentukan Pendamping, Mantan Gubernur Condong ke Petahana

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jambi–Hasan Basri Agus (HBA) dikabarkan akan maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Jambi 2018 mendatang.
Sebagai salah satu tokoh sekaligus mantan Gubernur Jambi, pilihan politik HBA dinilai memberi penguruh signifikan di Tanah Pilih Pusako Betuah.
Akhir-akhir pertayaan itu berlahan mulai terjawab. Pada acara pengukuhan pengurus persatuan keluarga Sarolangun (Perkasa), HBA sudah memberi sinyal.
Meski tidak menyampaikan secara gamblang, sikap HBA tampaknya lebih condong kepada calon petahana Sy Fasha. Bahkan keduanya terlibat pembicaraan hangat dan berkahir pada salam komando seusai menghadiri acara digedung Kemas, Sabtu (12/8) lalu.
Pertemuan kedua tokoh ini mengisyaratkan adanya kimesteri dan kesamaan pandangan. Tidak salah jika ada terikan ‘lanjutkan’ ketika keduanya duduk disebuah meja yang sama.
Bahkan HBA sempat menawarkan calon penamping kepada Fasha untuk maju pada perebutan BH 1 AZ. Menurutnya perkasa harus mengambil peran dalam konstelasi politik di Kota Jambi.
“Kalau memang ada (calon wakil, red) kenapa tidak. Perkasa harus mendukung,” ujarnya.
HBA menyebutkan, Perkasa harus memberikan konstribusi terutama untuk membangun Kota Jambi.
“Disamping siapapun nantinya yang akan terpilih nantinya. Kita harus memberikan konstribusi untuk Kota Jambi,” katanya.
Sementara itu, Sy Fasha menyambut baik sinyal yang disampaikan HBA, termasuk tawaran wakil padanya. Menurutnya, semua nama mempunyai kemungkinan mendampinginya di Pilwako.
“Siapapun itu mempunyai kemungkinan, karena sampai saat ini saya belum menentukan siapa wakilnya,” katanya.
Dalam penentuan wakil ini, Sy Fasha tidak menampik membutuhkan masukan dan saran dari tokoh, termasuk HBA. Karena sejatinya, untuk memilih wakil harus bisa di sesuaikan dengan selera masyarakat Jambi.
“Saran dan masukkan dari tokoh kami akamodir, untuk memilih wakil saya harus tanya selera masyarakat,” katanya.
Disamping itu, kata Fasha, survei juga menjadi salah satu indikator menentukan pasangan. Menurutnya, hingga saat ini survei itu masih berjalan.
“Tapi sekali lagi, saya tetap ingin mendengarkan masukan dan saran dari masyarakat,” tegasnya.
Ditanya bagaimana figure dari Sarolangun masuk bursa pilihannya? Ketua Harian DPD I Golkar Provinsi Jambi ini menegaskan jika Sarolangun masuk dalam kreteria yang dicarinya. “Tokoh dari Sarolangun masuk (bursa calon wakil,red),” katanya.
Soal ramainya tawaran wakil, Fasha tidak menampik hal tersebut. Tapi Fasha kembali menegaskan keputusannya itu tetap berdasarkan survei, masukkan masyarakat dan penilaian lainnya.
“Yang jelas tidak ada beban sama sekali. Usulan itu kalau sekiranya, tapi tetap melihat hasil survei dan penilaian lainnya, “ katanya.
Lalu tidakkah ada ke khawatiran muncul ketersinggungan jika tidak terakamodir? Suami dari ibu Yuliana Fasha menjelaskan jika semua itu akan dibicarakan terlebih dahulu dengan semua tokoh yang mengusul. “Tidaklah, nanti kita akan bicarakan dan jelaskan begini lo realitanya di lapangan,” ucapnya.
Disamping itu, menyingkapi sinyal dan komunikasi dengan beberapa kader PDI Perjuangan, Sy Fasha mengatakan jika dirinya tetap memberikan kesempatan kepada kader berlambang banteng tersebut. “Tidaklah, kita memberikan kesempatan kepada kadernya juga. Kemarin memang ketemu kader PDI Perjuangan, tapi tidak bicara politik,” katanya.
Fasha berseloroh, meskipun PDI Perjuangan tidak mendukungnya, tapi dirinya yakin kader partai besutan Megawati Soekarno Putri itu masih banyak yang simpati kepadanya. “Partai mungkin tidak mengusung saya, tapi saya yakin kadernya masih ada yang simpati,” pungkasnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top