KOLAKA UTARA

Hari Ini 150 CJH Kolut Bertolak ke Tanah Suci

Asisten III Setda Kolaka Utara melepas 150 CJH Kolaka Utara dengan menyerahkan bendera merah putih kepada kepala rombongan.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasussua–150 Calon Jemaah Haji (CJH) Kolaka Utara dilepas langsung oleh Asisten III Setda Kolaka Utaa Azhar, di Pelabuhan Katoi, kecamatan Katoi, Kolaka Utara, Senin (14/8). Para CJH Kolaka Utara itu berangkat mengggunakan Kapal Ferry KMP Camelia menuju Palabuhan Siwa, kemudian melanjutkan perjalanan hingga di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar menggunakan enam Bus.
Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara Baharuddin menyatakan, para CJH Kolaka Utara akan diterima secara resmi di asrama haji pada Selasa (15/8) pagi hari, kemudian bertolak ke tanah Suci pada Rabu (16/8) pukul 03.50 dini hari.
“Para jemaah akan melaksanakan Shalat Subuh di Pesawat, para jemaah akan kembali menginjakkan kaki kembali di tanah air pada 26 September,” terangnya.
Dari 150 Calhaj Kolaka Utara yang telah keluar nomor porsinya mengikuti manasik haji ada Dua Orang Calhaj yang batal berangkat karena sakit, namun akan kembali di berangkatkan pada 2018 mendatang, dan Dua orang yang sudah masuk dalam daftar tunggu menjadi pangganti Calhaj yang batal berangkat, sehingga Calhal Kolut tetap 150 orang.
“Para jemaah yang berangkat pada musim haji tahun ini tergabung dengan kloter 21 embarkasi Makassar, ada para calon haji yang mendaftar tahun 2010 lalu mulai Januari hingga Oktober, ada dua orang colon haji pada saat manasik jatuh sakit, sehingga tidak jadi diberangkatkan, namun setiap tahun ada daftar tunggu dan Alhamdulillah dua orang calon haji Kolaka Utara yang masuk daftar tunggu diberangkatkan sehingga jumlah calon haji kita tetap 150 orang,” ujarnya.
Dari 150 CJH Kolaka Utara 64 laki-laki dan 86 perempuan terdiri dari ASN 21 orang, TNI 1 orang, pedagang 1 orang, petani 38 orang, swasta 18 orang dan ibu rumah tangga 71 orang.
“Tahun ini Pegawai Negeri yang ikut melaksanakan ibadah haji adalah yang terbanyak dan diantara kita juga hadir Wakil Ketua DPRD Tingkat I Jumarding yang akan melaksanakan ibadah haji,” katanya.
Sementara itu, Asisten III Setda Kolaka Utara Ashar menyatakan, bahwa saat ini jumlah daftar tunggu CJH Kolaka Utara sebanyak 2.912 orang, dan jika tahun ini mendaftar maka kemungkinan para CJH Kolaka Utara akan berangkat 18 tahun mendatang. Selain itu, dia pun berpesan agar para CJH Kolaka Utara untuk menjaga kesehatan, pasalnya cuaca di tanah air sangatlah berbeda dengan cuaca di tanah suci, sehingga perlu menjaga kesehatan sehingga tidak jatuh sakit dan tetap bisa melaksakan ibadah haji dengan khusyu.
“Untuk para Calhaj harus menjaga kesehatan karena cuaca disini sangat berbeda dengan cuaca di tanah suci Madinah dan Mekkah, selalu menjaga komunikasi antar jemaah sehingga ada keperluan ada masalah segera dibicarakan,” imbuhnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top