KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Kerja Sama TNI Sukseskan Program TMMD

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Andoolo–TNI Angkatan Darat (AD) kembali menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-100 kali, dengan bekerja sama Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Di aula pertemuan Makodam Hasanuddin Makassar, Senin (14/8)

Rapat evaluasi TMMD ke-99 dan rencana pelaksanaan TMMD ke-100 ini, dihadiri oleh Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga, ST., MM, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, S.Sos., M.Si, Komandan Kodim 1417 Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, S.I.P dan Pejabat Utama Kodam Hasanuddin.

Dalam rapat tersebut Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, menghimbau agar pihak terkait segera melakukan persiapan yang matang dan kerjasama yang baik, antara Jajarannya dengan pihak Pemda Konsel, dalam hal Ini Kodim 1417 Kendari yang wilayah teritorialnya masuk program TMMD ke-100 tersebut.

“Kegiatan ini merupakan program lintas sektoral, dengan melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian, dan Pemerintah Daerah. Jika Kodim Kendari kekurangan personil kami tinggal menyesuaikan dengan back up dari kesatuan-kesatuan lain, karena itu sudah tugas dan cara kami jika kewalahan dalam membangun suatu wilayah,” jelas Pangdam.

Bupati Konsel dalam rapat tersebut mengatakan, pihaknya sangat mendukung program TMMD, dan telah menyediakan anggaran untuk membantu mensukseskan program TNI tersebut, utamanya pembangunan rumah tidak layak huni di Konsel.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan pada TMMD ini, baik fisik maupun non fisik, diharapkan membuka wawasan masyarakat pedesaan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia. Sehingga, akan memberikan percepatan perkembangan pedesaan diberbagai bidang seperti, pertanian, ekonomi, dan lainnya,” ungkap Surunuddin.

Lanjutnya, arah pembangunan Konsel memang sesuai visi misi kami dengan tagline Desa Maju Konsel Hebat, disesuaikan dengan visi misi yang telah ditetapkan. Dan dengan momentum TMMD, semoga menjadi momentum pembangkit semangat masyarakat pedesaan untuk membangun desanya.

Sementara itu Komandan Kodim 1417 Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, S.I.P, dalam paparannya mengatakan, program ini terselenggara berkat kerjasama TNI dan Pemda Konsel. Adapun daerah Tujuan TMMD ke-100 adalah Desa Wonua Koa, Desa Ulu Sabulakoa dan Desa Sindarsih Jaya, dan akan dimulai bulan Oktober mendatang selama 30 hari.

“Nantinya prajurit dalam bertugas sesuai pedoman kerja dan juga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan, utamanya kedaulatan pangan, ekonomi, dan transportasi. Mampu menurunkan kesenjangan dan angka kemiskinan,” Ucap Komandan Kodim 1417 Kendari.

“Untuk program TMMD ini sasaranya adalah fisik dan non fisik diantaranya perbaikan irigasi sepanjang 1.450 meter dan pembangunan rumah 10 KK di Desa Wonua Koa, Pembangunan Mesjid Desa Sindarsih Jaya, non fisik meliputi pelatihan Bela Negara, terkait pengamalan pancasila dan bidang pertanian serta acara bakti sosial seperti pengobatan dan khitanan massal gratis” paparnya.

Ia menambahkan saat ini persiapan sudah matang dan pihaknya juga sudah siapkan tempat tinggal pasukan, untuk pasukan TMMD berasal dari pasukan Yonif 725 dan Kodim 1417 Kendari dan dari Kesatuan AD, AL, AU serta dari Kepolisian dan tenaga pendukung dari masyarakat setempat. K5

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top