METRO KOLAKA

105 Napi Rutan Kolaka dapat Remisi 17 Agustus

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 105 orang narapidana (Napi) di rumah tahanan ( Rutan ) kelas IIb Kolaka mendapat remisi dalam rangka memperingati hari ulang tahun ( Hut ) kemerdekaan ri ke 72. Dari 105 Napi yang mendapat pengurangan masa tahanan atau remisi ada satu napi ang langsung bebas yaitu Aswandi dengan kasus Penganiayaan.

Kepala Rutan kelas IIb Kolaka Abbas mengatakan dari 105 orang narapidana yang mendapat remisi satu diantaranya langsung bebas dan diperbolehkan pulang ke rumah bergabung bersama keluarga. Napi yang mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan sebagai hadiah dalam rangka memperingati hut kemerdekaan RI ke 72.

“Setelah Napi mendapat Remisi, harapan kami adalah napi bisa instropeksi diri dengan perbauatanya. Kemudian napi yang telah bebas karena mendapatkan remisi segera mungkin bisa berkumpul dengan keluarga dan bisa merubah sikap yang lebih baik lagi,”tambahnya.

Lanujut Abbas remisi yang diberikan kepada narapidana cukup bervariasi mulai dari satu bulan hingga empat bulan.Napia yang mendapatkan remisi harus memenuhi syararat seperti berkelakuan baik dan menjalani masa hukuman 6 hingga 12 bulan.

“Pemberian remisi kepada 105 narapidana terdiri dari remisi 1 bulan sebanyak 47 orang , 2 bulan sebanyak 22 orang, 3 bulan sebanyak 32 orang dan mendapat remisi 4 bulan sebanyak 4 orang,” tambahnya.

Lanjut pihak Lapas Kolaka berharap narapidana yang mendapat remisi agar lebih baik lagi dan mengikuti program pembinaan yang diberikan di rutan sehingga setelah bebas nanti a dapat bergabung dengan keluarga dan diterima oleh masyarakat.

Sementara itu rapidana yang bebas aswandi mengaku senang dan bahagia karena dihari kemerdekaan RI ke 72 dirinya bisa bebas dan menghirup udara dari luar rutan dan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di rumah.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top