KOLAKA TIMUR

Seluruh Desa di Tinondo Bangun Polindes

camat tinondo Bastian

KOLAKAPOS, Tirawuta–Guna memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat, seluruh kepala desa (Kades) di kecamatan Tinondo, diminta fokus membangun Pos Klinik Desa (Polindes). Pembangunan tersebut dianggarkan melalui Dana Desa (DD) yang telah diberikan.

Camat Tinondo, Bastian mengatakan pembangunan fasilitas kesehatan pada tiap desa merupakan prioritas utama setiap kepala desa. Tujuannya agar, fasilitas kesehatan dapat menjangkau setiap warga desa, sehingga memudahkan masyarakat yang akan berobat “Ada tiga desa ditahun ini yang sedang membangun Polindes, yakni desa Weamo, Tawa-tawaro, dan desa Tawaromandaka. Allhamdulillah untuk kecamatan Tindondo yang terdiri dari delapan desa, semuanya telah memiliki Polindes,” katanya, Minggu (20/8)

Menurut Bastian yang juga menjabat pelaksana tugas (Plt) desa Solewatu, keberadaan Polindes akan ditempati oleh petugas kesehatan yang akan bertugas 1×24 jam. Sehingga nantinya jika ada pasien bersalin, dapat langsung ditangani di Polindes masing-masing, mengingat jarak antara desa dan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) cukup jauh.

Selain fokus membangun fasilitas kesehatan lanjut Bastian, para Kades juga fokus membangun fasilitas lainnya seperti peningkatan jalan, pembuatan drainase, dan pembuatan jembatan. Sedangkan untuk dibidang Badan usaha milik desa (BUMDes) pengurus BUMDes telah melakukan beberapa pola usaha yang dikembangkan di desa seperti pembelian alat ketel atau penyulingan nilam “Melalui dana desa ini sektor sarana dan prasarana di desa bisa terbangun, sehingga kedepan perkembangan dan kesejahteraan masyarakat didesa semakin meningkat,” katanya. Bastian juga berharap agar pengelolaan dana desa dapat dijalankan dengan maksimal, seperti yang diharapkan. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top