METRO KOLAKA

Kolaka Harus Kembalikan Rp23 Miliar ke Negara

KOLAKAPOS, Kolaka–Kabupeten Kolaka sepertinya sedang mendapat sial pasalnya dana bagi hasil Pemda Kolaka yang di trasfer melalui kementerian keuangan ke kas Kolaka pada tahun 2013 dan 2014 ternyata salah. Akhirnya kementerian keuangan RI menyurat kepada kabupaten Kolaka untuk mengembalikan dana sebanyak Rp23 miliar agar dikembalikan pada triwulan pertama pada 2017 ini.

Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengatakan saat ini kondisi keuangan koalka memeng sedang tidak sahat. Namuan tidak sehatnya keuangan Kolaka bukan kerana kondisi wilayah dan geografisnya namuan karena adanya regulasi dari pusat.

“Ada beberapa dana kolaka yang langsung di potong oleh pemerintah pusat, Muai dari DAK, DAU yang jumlahnya mencapi Rp 41 Miliar,” katanya

Lanjut Safei bahkan ada keputusan menteri keuangan RI yang menyatakan bahwa Kolaka harus mengembalikan dana sebesar 23 miliar. Keputusan tersebut didasarkan atas salah transfer dana pada tahun 2013 dan 2014 lalu.

“Menteri keuangan tidak ada kompromi dalam masalah ini. Bahwa pada tri wulan pertama 2017 Kolaka harus mengembalikan dana tersebut dengan cara menteri keuangan langsung memotong dana bagi hasil tahun 2017 untuk Kolaka. Kami juga heran kenapa kementerian keuang bisa salah mengirimkan dana bagi hasil untuk Kolaka. Padahal mereka yang mentranfer, anehnya dana salah transfer tahun 2013 dan 2014, pada 2017 baru dilakukan pemberian informasi,” katanya(hud)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top