METRO KOLAKA

H-7 Idul Adha, Harga Daging Sapi di Kolaka Normal

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha, harga daging di pasar tradisional Kolaka masih normal. Penyebabnya adalah stok daging yang masih tersedia untuk memenuhi kebutuhan warga Kolaka.

“Harga daging masih Rp 110 per kilo gram. Dan ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Ini terjadi karena permintaan daging di Kolaka tidak begitu besar dan stok masih tersedia,” ujar Sauda, Kepala Seksi Pengendalian Bahan Pokok Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka

Lanjut Sauda belum dapat menjamin bahwa harga daging saat ini masih bertahan hingga Lebaran Idul Adha. Sebab kemungkinan naiknya harga daging sapi jelang Idul Adha masih saja dapat terjadi.

“Kami tidak bisa jamin harga ini masih bertahan, karena jangan sampai nanti permintaan meningkat tentu akan mempengaruhi harga jika tidak diimbangi dengan ketersediaan stok,” tuturnya.

Sauda menambahkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, harga daging sapi saat Idul Adha tidak mengalami kenaikan harga. Akan tetapi, kenaikan harga biasa terjadi pada tulang sapi.

“Tahun 2016 lalu, harga daging yang biasanya Rp 45 ribu atau Rp 50 ribu per kilo gram, naik menjadi Rp 70 ribu bahkan ada yang sampai Rp 75 ribu per kilo gram.

Jika nantinya kenaikan harga daging ataupun tulang sapi, menurut Sauda hal itu merupakan suatu kewajaran. Sebab permintaan tulang ataupun daging sapi saat lebaran tentu lebih meningkat dibanding hari-hari biasa.

“Kami tidak bisa berbuat banyak jika terjadi kenaikan harga daging atau tukang sapi nanti. Sebab kami tidak memiliki kewenangan untuk menindak, melainkan hanya memantau harga. Dan jika terjadi kenaikan, itu hal yang wajar. Asal kenaikannya juga tidak terlalu siginifikan,” tuturnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top