KOTA KENDARI

Rektor UHO Dikukuhkan Jadi Guru Besar ke-66

KOLAKAPOS, Kendari–Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara Muhamad Zamrun Firihu dikukuhkan sebagai guru besar ke-66 bidang Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Karya ilmiah yang mengantarnya itu, yakni formalisme penggandengan chanel, teori metode numerik dan aplikasi reaksi nuklir pada inti atom yang disampaikan pada rapat senat terbuka di pengukuhan guru besar oleh Dewan Guru Besar UHO di auditorium Mokodompit, Jumat (25/8/2017).

 

Berkat pengalamannya dari berbagai penelitian yang dilakukan semenjak 2005 semasa kuliah Strata tiga (S3) di Universitas Tohoko University Sendai, Jepang, pengalaman pengabdian kepada masyarakat selama menjadi dosen di UHO, dan pengalaman menulis artikel dalam jurnal ilmiah.
Di orasi ilmiahnya, Zamrun mengatakan bahwa penggunaan metode penggandengan channel menunjukkan bahwa metode dapat digunakan untuk mengkaji reaksi nuklir baik rekasi fusi maupun hamburan quasi-elastik. Formalisme penggunaan chanel sangat bermanfaat untuk mengkaji dinamika reaksi. Dimana reaksi inti yang dapat menghasilkan inti-inti superberat, ini juga akan digunakan untuk menjelaskan data eksperimen yang akan muncul di masa-masa yang akan datang.
“Pengetahuan tentang reaksi inti akan sangat bermanfaat untuk mencari sumber-sumber energi alternatif lain untuk pemenuhan kebutuhan energi di masa depan,” kata Mantan Dekan FMIPA UHO itu.
Dia juga berterimakasih kepada pihak kementerian atas penunjukkan dirinya sebagai guru besar. Serta ucapan yang sama kepada sivitas akademik UHO.
Diakhir orasi ilmiahnya , berkat kegigihannya Pejabat kelahiran Muna ini, banyak mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan penting mengantarkannya memperoleh gelar akademik Guru besar di universitas halu oleo.
“Semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu persatu, saya ucapkan banyak terima kasih,” ujar Zamrun diakhir sambutannya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top