KOLAKA TIMUR

Akibat Jalan Rusak, Warga Andowengga Tanam Pisang di Jalan

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kondisi jalanan yang semakin memprihatinkan, membuat warga desa Andowengga, kecamatan Poli-polia menjadi geram. Akibatnya sejumlah warga menanam pohon pisang di tengah jalan.
Erwin salah satu tokoh masyarakat Andowengga mengatakan sejak musim penghujan melanda, hampir semua kondisi jalan didesa mereka menjadi rusak, mengakibatkan setiap kendaraan baik roda empat, maupun roda dua tak mampu melewati jalanan tersebut, akibat kondisi jalanan yang berlumpur.
“Kasian kami harus bersusah payah agar mampu melewati jalanan berlumpur, terkadang kami harus jatuh bangun,” ungkapnya saat ditemui media ini, Sabtu (26/08).
Menurut Erwin, rusaknya jalanan akibat curah hujan yang tinggi, apalagi jalanan mereka belum diaspal sehingga jalanan mudah berlumpur, apalagi jalanan tersebut setiap hari dilewati oleh warga yang ingin berkebun, dan anak sekolah
Untuk itu, lanjut dia warga meminta agar pihak terkait dapat melihat dan memberikan solusi, sehingga tak ada lagi hambatan yang dialami para petani.
“Kami sangat mengharapkan pihak Pemerintah dan anggota DPRD yang zona dapilnya berada di desa kami dapat meninjau langsung kondisi jalanan kami, sehingga secepatnya dicarikan solusinya. Jangan hanya janji-janji saja yang selalu dberikan tetapi realisasi dilapangan tidak ada,” katanya.
Hal senada dikatakan Indra, pihak pemerintah harus cepat merespon keluhan masyarakat, sebab disaat musim hujan jalanan becek dan berlumpur, saat kemarau tiba jalan berlubang dan berdebuh. Jadi kalau tidak segera diperbaiki maka warga akan terus menderita dengan kondisi seperti ini. Apalagi jalan ini merupakan jalan penghubung dari beberapa desa dan kecamatan seperti kecamatan Lambandia dan kecamatan Aere ” Selain petani yang merasakan dampak jalanan rusak, anak sekolah juga merasakannya sebab setiap hari jalanan ini dilewati siswa dan pasti selalu ada korban terjatuh. Ini yang membuat kami menjadi resah,” katanya.
Sebagai bentuk protes atas jalan yang rusak kata Indra, warga beramai-rami menanam pohon pisang disepanjang jalanan yang rusak, agar secepatnya mendapat respon dari pihak terkait ” Kami masyarakat berharap sekiranya jalan yang rusak dapat segera diperbaiki ” harapnya. (m2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top