KOLAKA TIMUR

Genjot Peningkatan Mutu Pendidikan di Koltim

KOLAKAPOS, Tirwauta–Pemkab Koltim terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, agar kualitas mutu pendidikan terus meningkat. Tidak tanggung-tanggung, implementasi peraturan dan kebudayaan nomor 28 tahun 2016, sebagai perubahan atas Permendiknas nomor 63 tahun 2009, tentang sistem penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Koltim tahun ini terus ditingkatkan dan sudah tidak diragukan lagi. Pemegang kekuasan tertinggi pemerintah dalam hal ini Bupati Koltim justru menempatkan satu misi pembangunan di daerah ini dibidang pendidikan, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.
“Hal ini terus semakin implikatif pada kenyataan di lapangan, pemenuhan infrastruktur dasar pendidikan adalah menjadi prioritas utama pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas belajar, pembangunan perpustakaan, laboratorium beserta isinya, pembangunan rehabilitasi ruangan guru, kantor dan sekolah sampai pada pembangunan pagar dan tembok beton keliling sekolah. Orientasi sudah tidak ada lagi ruang belajar (Rombel) yang dihuni oleh dua kelas dalam melakukan proses belajar mengajar (PBM),” ujar bupati Koltim Tony Herbiansyah.
Kenyamanan belajar adalah prioritas utama bidang pendidikan di daerah yang baru tiga tahun mekar ini, bahkan yang lebih nyaman lagi ada sejumlah TK negeri yang sudah dibangun menggunakan vavinblok di halamannya serta pagar yang begitu Indah sebagai wujud keseriusan pemerintah dibidang pendidikan.
Tidak hanya pemenuhan kebutuhan fisik saja, akan tetapi juga pembangunan kualitas pendidik. Di Koltim ini juga melihat aspek kemasyarakatannya, bahkan menjadi program unggulan pencapaian visi pembangunan daerah ini yaitu dengan cara memeberikan kesempatan kepada masyarakat Koltim untuk melanjutkan pendidikan secara gratis di dua perguruan tinggi yang ada di Sultra yaitu UNILAKI Unaaha dibidang pertanian dan IAIN Kendari bidang keagamaan. Melalui program Beasiswa pendidikan Agrobisnis berprestasi.
Mulai tahun 2017 telah diluncurkan program tersebut bagi putra-putri Koltim yang berprestasi tetapi berasal dari keluarga yang tidak mampu. Yang lebih hebatnya lagi bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Unilaki dan memiliki prestasi dikampus tersebut ,akan diberikan kesempatan mengikuti Magang/transfer knowladge di Korea Selatan. Suatu kesempatan dan harapan luar biasa yang seluruh kompetensinya nanti pasti akan bermanfaat bagi kabupaten Koltim.
Disisi lain pembentukan dan pembangunan kualitas SDM juga ditujukan pada guru dan kepala sekolah, karena ujung tombak pendidikan sekolah ada pada guru sebagai peningkatan dan pengembngan kompetensi guru dan kepal sekolah telah banyak dilakukan seperti mengikuti workshop, seminar dan lainnya.
Sebagai wujud nyata kerja keras dinas pendidikan berbagi prestasi anak didik telah diraih bahkan sampai tingkat nasional. Baru-baru ini salah satu peserta didik asal SMP Negeri 1 Labandia sebagai pemenang ajang lomba IPS ditingakat provinsi dan akan mewakili Sultra ke tingkat Nasional.
Semua raihan prestasi dibidang pendidikan tak lepas dengan terjalinnya hubungan yang baik mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas dan UPTD serta Pihak Diknas Koltim.
Untuk pemenuhan kekurangan tenaga guru, Pemda Koltim telah mengangkat guru tidak tetap (GTT) yang dibiayai melalui dana APBD. Dan tahun ini ada sekitar 800 GTT yang mendapatkan SK Bupati dan akan terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya sesuai kebutuhan di lapangan. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top