KONAWE

Jelang Pilkada, Litanto Gencar Sosialisasi Program

KOLAKAPOS, Unaaha–Bakal calon bupati konawe, Litanto terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, guna menyampaikan program kerja bila terpilih menjadi Bupati Konawe, hingga akhir Agustus ini sudah 134 desa dan2 kelurahan yang di kunjunginya langsung bersama simpatisan. Hal itu diungkapkan Litanto kepada Kolaka Pos.
Ia mengatalam, selain menyampaikan program kerja ke masyarakat, dirinya juga menerima aspirasi. Dari puluhan aspirasi yang diterimanya, kebanyakan masyarakat mengeluhkan masalah infrastruktur yang belum maksimal di wilayah pedesaan.
“Dominannya itu masalah infrastruktur desa,” ungkap Litanto.
Litanto yang rencananya akan berpasangan dengan Murni Tombili ini, menyampaikan ke masyarakat desa dan kelurahan, jika pembangunan desa dalam hal infrastruktur sebenarnya pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran tersebut, hanya saja pemerintah daerah kurang giat menjemput program tersebut al hasil desa hingga saat ini hanya mengandalkan dana desa yang diterimanya untuk lakukan pembangunan.
“Yang saya terima dari masyarakat desa, pemerintah desa hanya mengandalkan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat padahal anggaran seperti itu ada di pusat,” ungkap Litanto.
Litanto melanjutkan, pembangunan infrastruktur desa sebenarnya tidak hanya di pusat saja yang menyediakan, pemerintah daerah pun dari APBD nya bisa mengganggarkan membangun infrastruktur.
“Pemerintah kabupaten punya APBD, jadi bisa di gunakan untuk perbaikan atau pembangunan infrastruktur,” tambahnya.
Untuk itu, sambung Litanto jika kedepan dirinya terpilih sebagai Bupati Konawe periode 2018-2023 anggaran-anggarn pusat yang disediakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat akan dijemputnya,.
“Contoh kecilnya saja, ada bantuan bedah rumah sebanyak 3 juta unit yang di sediakan pemerintah pusat, kita konawe hanya dapat sekian persen saja, kalau saya yang jadi bupati kedepan bantuan sosial ini bisa saya datangkan dengan jumlah yang besar,” terang anggota DPRD Provinsi Sultra ini.
Untuk diketahui, sosialisasi yang di laksanakanini, turut di ikuti oleh calon Gubernur Sultra Hugua. hadirnya Hugua di setiap sosialisasi Litanto ini sekaligus untuk bertemu langsung masyarakat sultra, agar pilgub kedepan Hugua di beri dukungan kepada masyarakat konawe. Untuk informasi saat ini Hugua akan berpasangan dengan lukman abunawas dalam pilgub 2018 mendatang. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top