METRO KOLAKA

Antam Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

Deputy General Manager Antam UBPN Sultra, Nilus Rahmat (berdiri) menyaksikan secara langsung karyawan Antam yang melakukan donor darah.FOTO:ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Bagi segelintir orang yang mendengar ajakan untuk mendonorkan darahnya, mungkin akan berfikir ratusan kali untuk mau mendonorkan darahnya. Namun, hal itu berbeda dengan para karyawan dan mitra PT Antam UBPN Sultra, yang sangat antusias mengikuti kegiatan donor darah yang digelar kemarin (29/8), dalam rangka HUT Antam ke 49 yang dirangkaikan dengan HUT RI ke 72.
Buktinya, 218 kantong darah terkumpul hanya dalam waktu singkat, yang nantinya akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Sultra.
“Kegiatan semacam ini tentunya membantu PMI untuk kebutuhan stok darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan. Dalam kegiatan ini juga kita mengajak Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT), TNI, Polri, serta mitra-mitra kerja yang ada di Antam,” ujar Deputy General Manager Antam UBPN Sultra, Nilus Rahmat, usai kegiatan donor darah.
Menurutnya, hingga kini masih banyak yang beranggapan bahwa donor darah itu akan mengakibatkan seseorang bisa kekurangan darah akibat darah diambil, atau mungkin karena mereka takut akan ditusuk jarum suntik yang besar. Padahal persepsi itu sangat salah. Sebab, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari donor darah, baik itu manfaat bagi penerima, bagi pendonor itu sendiri.
“Manfaat bagi penerima darah yang kita donorkan ialah bisa membantu menyelamatkan nyawanya,” katanya.
Selain bermanfaat bagi penerima, donor darah pun memberikan keuntungan bagi para pendonor. Setidaknya ada beberapa manfaat yang dirasakan oleh para pendonor, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, membantu membakar kalori, deteksi dini resiko kesehatan, melindungi jantung, mencegah stroke, memperbaharui sel darah baru, mengurangi kelebihan zat besi, meningkatkan sel darah merah, menghilangkan kaku di pundak, mengetahui tipe darah hingga memaksimalkan darah dalam paru-paru.
“Tentunya kita mengimbau kepada semua karyawan di Antam untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, karena banyak manfaat yang dirasakan setelah melakukan doroh darah,” tandasnya. (cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top