METRO KOLAKA

Bupati Kolaka Canangkan Penanaman Kedelai

Bupati Kolaka H.Ahmad safei saat menanam Kedelai di kelurahan Tadebura kecamatan Watubangga.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Pencanangan gerakan tanam Kedelai di kabupaten Kolaka Tahun 2017, secara resmi telah dibuka oleh Bupati Kolaka H.Ahmad Safei, di kelurahan Tandebura kecamatan Watubangga. Keguiatan pencanangan tersebut ditandai dengan simbolis penanaman Kedelai dilahan milik petani (2/9) lalu.

Bupati Kolaka H. Ahmad Safei mengatakan Kedelai merupakan komoditi unggulan saat ini dibutuhkan oleh Indonesia. Karena itu petani Kolaka jangan membiarkan lahan ada tidur. Kolaka telah mencanangkan penanaman kedelai harapan pemerintah semua petani bisa melaksakana hal serupa di lahan masing-masing.

“Kami mengaharpakn petani Kolaka selalu kreatif, serta mengembangkan tanaman kedelai. Tanaman kedelai di Kolaka masih tergolong kurang. Jadi petani harus bekerja keras agar Kolaka bisa sebagai salah satu daerah penghasil kedelai di Sulawesi Tenggera.

“Kondisi tanah di Kolaka petani jangan ragu, Jika hanya tanaman kedelai insyaallah akan tumbuh subur dan hasilnyapun maksimal. Saya berharap masyarakat mengundang pada saat panen kedelai sekitar bulan nopember nanti,” katanya

Sementara itu kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kolaka La Ramuli mengatakan ada beberapa hama yang menyerang kedelai petani di Kolaka seperti hama wereng coklat dan hama virus. Membuat berkurangnya hasil panen dan bahkan gagal panen yang dirasakan beberapa petani di Kolaka.

“Berbagai upaya untuk pencegahan serangan hama terus dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan melakukan penyemprotan hama dan hasilnya sudah mulai nampak yaitu dengan berkurangnya hama. Saya yakin dengan perawatan yang lebih baikpada tanaman maka hama dan penyakit akan berkurang,” katanya

Ia juga mengatakan dengan terlibatan Babinsa di desa akan membewa dampak baik terhadap petani kedelai di Kolaka. Dengan kontrol Babinsa dan PPL yang ada di lapangan akan membuat petani mengetahui kapan dia akan menanam dan melakukan perawatan pada tanaman kedelainya.

“Petani Kolaka sebagian masih kurang kreatif banyak lahan yang tidak dimanfaatkan, padahal pemenfaatakan lahan yang ada di sekitar rumah juga akan membawa dampak peningkatan ekonomi,” katanya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top