METRO KOLAKA

Lagi, Antam dan BLK Kendari Kerjasama Peningkatan Keterampilan Masyarakat

Vice President Human Capital and Corporate Social Responsibility PT Antam UBPN Sultra, Hakim Nur Mampa (tengah) saat memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan las karbit, menjahit dan kewirausahaan.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–PT Antam UBPN Sultra dan BLK Kendari kembali menggelar pelatihan berbasis kompetensi. Kali ini kejuruan las karbit, menjahit dan kewirausahaan, kepada masyarakat yang ada di kecamatan Pomalaa, mulai kemarin (4/9) hingga 27 September mendatang, di Rumah Belajar Masyarakat (RBM) Antam, di desa Hakatutobu, kecamatan Pomalaa.
Kepala Seksi Program dan Evaluasi BLK Kendari, Herman Bija mengatakan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 160 jam. Dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahun dan keterampilan masyarakat di bidang sumberdaya manusia, agar mampu menghadapi pasar kerja dunia.
“Pelatihan ini dibiayai melalui DIPA BLK Kendari tahun ini. Pelatihan kejuruan las karbit angkatan XIV. Sedangkan operator menjahit pakaian dasar angkatan ke VI,” bebernya.
Ia berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan bisa menjadi motivator untuk berwirausaha. Sebab, dengan berwirausaha akan membuka lapangan kerja baru.
Sementara itu, Vice President Human Capital and Corporate Social Responsibility PT Antam UBPN Sultra, Hakim Nur Mampa mengatakan, salah satu program CSR adalah bagaimana pemberdayaan masyarakat bisa berjalan dengan baik.
“Yang menentukan orang sukses bukan hanya kepintaran, tapi harus dibarengi juga dengan attitude (perilaku, red) yang baik. Sebab, semua orang bisa kerja tapi tidak semua memiliki attitude kerja yang baik, utamanya menyangkut kedisiplinan,” paparnya.
Menurutnya, para peserta yang mengikuti pelatihan adalah orang-orang yang terpilih, karena dari sekian banyak orang yang ingin mengikuti pelatihan hanya beberapa saja yang bisa lolos.
“Di BLK itu luar biasa komplit untuk pemberdayaan pemuda dan masyarakat. Sehingga peserta yang beruntung mengikuti pelatihan kali ini, agar memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.
Pria berkacamata ini berharap, agar peserta nantinya mampu mengaktualisasikan ilmu yang didapat. Apalagi pelatihan yang digelar, selain diberikan ilmu dan pengalaman, mereka juga diberikan sertifikat kompetensi sesuai jurusan yang dipilihnya. Sertifikat pelatihan ini bisa dipakai untuk melamar pekerjaan dimana saja, sesuai kompetensinya. (dan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top