POLITIK

Jelang Pilgub Jatim, Wasekjen PDIP Bakal Sowan ke Kiai Sepuh

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah berencana melakukan safari politik di Jawa Timur guna mengunjungi sejumlah kiai sepuh dan berpengaruh. Rencananya, ketua Fraksi PDIP MPR itu juga akan membawa Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) dalam safari politik tersebut.
Politikus muda PDIP yang juga Humas PP Bamusi Yayan Sofyan Al Hadi mengatakan, rencana pertemuan Basarah dengan para kiai di Jatim itu dalam rangka memperkukuh tali silaturahmi antara kalangan nasionalis dengan warga Nahdatul Ulama (NU) alias nahdiyin. Menurutnya, hubungan baik antara kaum nasionalis dengan nahdiyin sudah berlangsung lama dan memiliki akar sejarah panjang.
“Ini dalam rangka meneruskan apa yang dilakukan Bung Karno dalam perjuangannya memerdekakan bangsa ini bersama para kiai dan ulama. Ketua umum kami Ibu Megawati Soekarnoputri juga selalu menekankan agar kaum nasionalis memperkukuh hubungan baik dengan nahdiyin,” ujar Yayan.
Menurut Yayan, pertemuan silaturahmi itu juga untuk menjaring masukan dari para kiai di Jatim dalam rangka pemilihan gubernur pada 2018. Tujuan pertama Basarah adalah Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri guna bertemu dengan para kiai-kiai sepuh di wilayah Mataraman.
“Kamis sore jam 16.00, Pak Basarah akan ke Ponpes Lirboyo Kediri pertemuan dengan perwakilan ulama daerah Mataraman di kediaman KH Anwar Manshur,” kata Yayan.
Selanjutnya, Basarah akan melanjutkan kunjungannya di Kediri dengan mennemui KH Zainuddin Jazuli di Pondok Pesantren Ploso. “Pak Basarah akan mengikuti salat magrib di Ploso dan meminta masukkan dari KH Zainuddin Djazuli,” sebut Yayan.
Basarah akan melanjutkan pertemuannya dengan sejumlah kiai sepuh di Jatim pada Jumat (8/9). Tujuan pertamanya adalah Pondol Pesantren Baitul Hikmah di Pasuruan untuk bertemu KH Idris Hamid serta para ulama-ulama berpengaruh di wilayah Tapal Kuda. Basarah dan rombongan sekaligus akan jumatan di Ponpes Baitul Hikmah.
Dari Pasuruan, Basarah dan rombongan akan menuju Probolinggo. Tujuannya adalah sowan kepasa KH Mutawakil Allallah dan sejumlah kiai lainnya di Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong.
Sedangkan Sabtu (9/9), Basarah akan melanjutkan safarinya menuju Malang untuk mengunjungi Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gasek. Tujuannya adalah sowan kepada KH Marzuki Mustamar serta sejumlah kiai lainnya.
Menurut Yayan, rencana pertemuan antara Basarah dan sejumlah kiai tu sebelumnya sudah dibocorkan oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto saat mengikuti perayaan Iduladha di Surabaya pada Jumat pekan lalu (1/9). “Jadi memang sudah diagendakan sebelumnya,” pungkasnya.(ara/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top