BUTON UTARA

Ruang VIP Bandara Sugimanuru Bakal Segera Dibangun

KOLAKAPOS, Mubar–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar)  bakal terus melakukan  peningkatan pembangunan bandar udara Sugimanuru Laworo. Hal itu dilakukan demi menunjang kenyamanan serta ketertiban para penumpang. Sebab, DOB hasil pemekaran Kabupaten Muna ini, dalam waktu dekat ini akan segera membangun gedung VIP Room di Bandara Sugimanuru Laworo tersebut.
Penegasan itu dikatakan langsung oleh Asisnten II Setda Pemkab Mubar Takari Abdullah. Ia mengatakan, rencana pembangunan gedung tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama Kepala Bandara, Muhammad Sabu, Kadis Perhubungan yang dipimpin langsung Sekap Mubar, LM Husen Tali.
“Ini kita sudah final. Dan tinggal dikoordinasikan dengan Dirjen Perhubungan Udara di pusat. Ini adalah petunjuk pak Bupati bahwa segera difasilitasi persiapan pembangunan VIP roomnys di Bandar udara Sugimanuru Laworo,” katanya.
Mantan Kadis Kehutanan Mubar ini juga menambahkan,  program ini dengan melihat kondisi otoritas bandara yang akan disingkrongkan, sehingga tidak menabrak rambu rambu yang sudah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara. Misalnya tanahnya bandara digunakan namun Pemkab yang membangun fasilitasnya.
Mengenai pengelolaanya itu akan dikerjasamakan bersama antar otoritas bandara dengan Pemkab Mubar.
“Adapun dananya, itu kita akan anggarkan di APBD tahun 2018 mendatang. Dan itu serangkaian dengan pembangunan Halte. Tempat menaikan dan menurunkan penumpang transpirtasi bandara. Ini yang menjadi tanggung jawab Pemkab Mubar. Dan bentuk kepedulian ini Pemkab sudah menyiapkab dua unit kendaraan khusus bus angkutan bandara,” jelasnya.
Mengenai besaran anggaran, Takari Abdullah mengatakan kalau itu belum bisa ditotalkan karena ini masih dalam tahapan perencanaan. “Nantimi sudah ada desiginnya baru kita tau berapa kebutuhan dana yang dibutuhkan. Yang pasti bahwa ini adalah program Bupati Mubar LM Rajiun  dalam rangka memberikan kenyamanan bagi penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Sugimanuru Laworo. Karena bren pak bupati untuk bandara adalah pandangan pertama akan memberi kesan yang lama pada setiap pengunjung yang datang,” tutupnya. (ing)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top