JAZIRAH SULTRA

Jalan dan Jembatan di Mubar Bakal Dibangun

Foto Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna Barat, Karimin

KOLAKAPOS, Mubar–Sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), Pemerintah Kabupaten Muna Barat terus mengejar ketertinggalannya untuk bersaing dengan beberapa daerah lainnya. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini, Daerah yang dinahkodai LM Rajiun Tumada sebagai bupati dan Achmad Lamani sebagai wakil bupati Muna Barat, telah merencanakan pembuatan jembatan sebanyak puluhan dan jalan hampir mencapai ratusan kilo meter.

Kadis PU Kabupaten Muna Barat Karimin mengatakan, untuk jembatan yang di bangun tahun ini jumlahnya mencapai 13 yunit dengan total anggaran mencapai miliaran rupiah. Sama halnya dengan jalan. Jumlahnya mencapai sekitar 70-80 Km. Baik itu langsung diaspal maupun sifatnta hanya pengerasan saja. “Yang jelas, jalan dan jembatan yang di bangun itu, tersebar disemua Kecamatan yang ada di Muna Barat. Anggarannya bisa mencapai Miliaran rupiah,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Dari semua pengerjaan itu katanya, untuk pembuatan jembatan sudah ada yang selesai hingga 85 persen ada tiga jembatan. Namun ada juga baru mencapai 40-50 persen pengerjaannya. Lain halnya dengan jalan katanya, pengerjaannya diperkirakan baru mencapai sekitar 30 persen. Hal ini diakibatkan material yang bakal di gunakan sementara dalam perjalan menuju Muna Barat, yakni dari Palu.

“Material jalan ada yang kami gunakan dari palu. Yakni batu untuk lapisan fondasinya menggunakan claster ukuran kelas A yang sudah di akui hingga tingkat nasional. Namun aspalnnya masih tetap menggunakan RMA buton, belum kita pake hotmiks. Kontenernya akan mendarat di Tondasi dan saat ini sementara dalam perjalan. Kalau material itu sudah ada, maka tinggal dihampar, sehingga kalau itu sudah selesai, maka pengerjaan bisa bakal mencapai sekitar 80 persen,” tuturnya.

Untuk itu katanya, semoga dengan adanya pembuatan jalan dan jembatan tersebut bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat Mubar. Terutama hasil pertanian maupun lainnya dapat menambah nilai jual akibat adanya saranya transportasi. “Semoa dengan adanya jalan dan jembatan ini, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat lagi, sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati Mubar saat ini,” tutupnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top