METRO KOLAKA

Pemkab Kolaka Bayar Advokat Rp 144 Juta Setahun

Kepala Bagian Hukum Kolaka Mineng Nurmaningsih.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kolaka tahun ini menganggarkan Rp144 juta untuk jasa advokasi. Alasan Kolaka membutuhkan advokat karena Kolaka memiliki banyak daftar kasus perkara yang perlu pendampingan Advokat. Pendampingan Advokat tersebut dilakukan Pemkab Kolaka sejak kepemimpinan Bupati Drs. H. Adel Berty.

Kepala Bagian Hukum Kolaka Mineng Nurmaningsih mengatakan saat ini ada tiga advokat mitra Pemkab Kolaka yang selalu mendampingi pemerintah jika di gugat atau mendapat perkara hukum baik itu dari masyarakat maupun lainya.

“Agaran tersebut berjumlah Rp144 juta, dan saya kira anggaran tersebut wajar karena tugas meka berat sejak tahun 2004 lalu,”katanya.

Lanjut ia mengatakan banyak kasus yang telah ditangani oleh tiga advokat mulai dari kasus sengketa tanah dan bangunan di beberapa wilayah Kolaka.

“Misalkan kasus Muh. Rizal yang menggugat SK bupati Kolaka nomor 188 tahun 2005 tanggal 9 juni. Tentang penetapan lokasi bangunan fasilitas pendidikan dan fasilitas umum di kelurahan Mangolo kecamatan Latambaga dengan luasan sekitar tiga hektar. Pemda Kolaka menang kasasi di MA dan telah berstatus hukum tetap atau Ingkra pada 2016. Itulah salah satu kasus yang ditangani oleh advokat mitra Pemda Kolaka,” katanya

Lanjut kata Mineng, dalam pendampingan tiga advokat Kolaka telah memenangkan persidangan tergugat Bupati Kolaka dan Dinas PU yang mengugat adalah Jefri Rumendong ( PT. Sultra Jembatan Emas) dengan objek ganti rugi pembauatan badan jalan kampung nelayan, pengerukan disekitar masjid Agung Kolaka, dan penimbunan badan jalan Mekongga Indah. Bupati dan Dinas Pu di tuntut untuk mengembalikan dana sebanyak 16 Miliar kepada PT. Sultra Jembatan Emas.

“Pada Perkara tersebut Tergugat (Bupati Kolaka dan Dinas PU) menang pada pengadilan Kolaka,Pengadilan tinggi menang dan saat ini menunggu kasasi. Bayangkan jika kita membayar pengacara maka anggaran Rp144 juta pasti akan kurang. Oleh karena itu advokat mitra pemda Kolaka sangat membantu,” tambahnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top