KOLAKA TIMUR

Pemkab Koltim Komitmen Tingkatkan Hasil Pertanian

Bupati Koltim Tony Herbiansyah saat memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan hand traktor di kantor camat Loea.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Memiliki lahan pertanian yang potensi dan cukup luas, membuat Pemkab Koltim optimis bisa terus meningkatkan hasil pertanian, khususnya padi setiap tahun. Hal tersebut diungkapkan bupati Koltim, Tony Herbiansyah, saat memberikan bantuan hand traktor kepada kelompok tani yang berada di kecamatan Loea, Rabu (6/9) lalu.
Demi terwujutnya komitmen tersebut, Pemkab Koltim akan terus melakukan terobosan dengan cara memberikan bantuan dan bimbingan teknis kepada para petani, serta melakukan riset dalam mengelola pupuk organik.
“Komitmen saya bagaimana kita wujudkan visi-misi Pemda Koltim yang berdampak luas bagi masyarakat. Artinya, semua komoditi di Koltim bisa menghasilkan yang terbaik dan terus meningkat produktivitasnya. Sehingga Koltim dapat menjadi ikon agrobisnis yang ada di Sultra,” ungkap Tony Herbiansyah.
Menurutnya, jika gabah yang dihasilkan di Koltim terus dibawa ke wilayah lain maka terasa rugi. Sebab, jika gabah diolah sendiri maka harganya akan lebih mahal.
“Kita bisa mendapatkan dua keuntungan (jika gabah diolah sendiri, red), mulai dari dedaknya kita dapat kemudian berasnya juga kita dapat. Untuk itu, kita akan berupaya melakukan sesuatu terobosan dengan cara mengembangkan semua potensi-potensi yang ada. Kita juga akan bagi bibit secara gratis kepada masyarakat,” katanya.
Tak luput ia berpesan, agar segala bentuk bantuan yang telah diberikan dapat dijaga dengan baik, sehingga dapat difungsikan semaksimal mungkin, agar dapat berdampak signifikan bagi hasil pertanian di Koltim.
Sementara itu, Kadis Pertanian Koltim Lasky Paemba mengatakan, Pemkab Koltim tahun ini telah menyalurkan bantuan sebanyak 70 unit hand traktor kepada petani.
“Bantuan tersebut berasal dari dana APBN melalui dana aspirasi anggota DPR-RI dari partai NasDem sebanyak 30 unit dan sisanya dari dana Brigade yang disebar diseluruh wilayah Koltim berdasarkan kebutuhan. Kita harapkan petani terus bersinerji membangun pertanian, sehingga dengan adanya bantuan ini produktifitas pertanian terus meningkat. Pemda Koltim juga akan terus berupaya agar bantuan tahun depan terus bertambah,” harapnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top