METRO KOLAKA

Disabilitas di Kolaka Dapat Bantuan

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja dinas tenaga kerja dan Transmigrasi Kolaka La Ode Rahmat.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Selain masyarakat lanjut usia pemerintah Kolaka juga memperhatikan kaum disabilitas atau orang yang hidup dengan kecacatan. Hanya saja, karena cacat fisik yang mereka alami, terkadang membuat perusahaan mengabaikan keterampilan yang dimiliki. Untuk tahun ini pemerintah Kolaka melaui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolaka menyalurkan sekitar Rp300 juta untuk membantu kaum disabilitas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H. Andi Sastra Pengerang melaui kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Laode Rahmat mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan disabilitas di Kolakaa, pihaknya berupaya mendatangkan bantuan dari pusat kepada penyandang cacat yang memiliki ketrampilan di Kolaka. Bantuan tersebut berupa modal untuk meningkatkan atau membuka usaha.

“Bantuannya itu dalam bentuk barang, bukan dalam bentuk uang. Dimana apa yang dibutuhkan oleh penyandang cacat untuk berwirausaha akan dipenuhi,” katanya.

Dia mengungkapkan, untuk bantuan pemberdayaan disabilitas, pihaknya mendapatkan bantuan sebanyak tiga paket. “Satu paket itu maksimal berjumlah 20 orang. Sehingga jumlah kaum disabilitas yang dapat menerima bantuan ini yaitu sebanyak 60 orang. Adapun anggaran per paketnya yaitu Rp 100 juta,”katanya.

Lanjut Kata Rahmat penyandang cacat yang akan diprioritaskan untuk mendapat bantuan tersebut adalah yang memiliki ketrampilan.

“Jadi yang diprioritaskan yang memiliki keterampilan tapi terkendala modal. Misalnya, dia bisa bikin kue untuk dijual, tapi bahan-bahan dan peralatannya sudah rusak atau tidak ada. Maka kami belikan bahannya dan peralatannya itu,” jelasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top