BUTON UTARA

Aspal Jalan di Mubar Bakal Gunakan Material Kelas A

KOLAKAPOS, Mubar–Jalan poros kabupaten Muna Barat (Mubar), akan segera diaspal. Rencananya, material yang akan digunakan untuk pengaspalan jalan raya di sekitaran Kabupaten Muna Barat didatangkan langsung dari Palu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna Barat Karimin mengatakan, didatangkannya material kelas A dari Palu lantaran Muna Barat belum memilikinya.
Melainkan material yang masuk dalam kelas B. Muna Barat memilikinya. “Untuk material kelas B. Kita Muna Barat banyak. Namun karena sifatnya meningkatkan kualitas jalan. Makanya kita gunakan material kelas A dari Palu,” ungkapnya saat ditemui di kemarin.

Untuk penggunaan material kelas A dari Palu itu katanya, tidak semua akan digunakan untuk pembuatan jalan tahun ini. Namun tergantung dari kondisi jalannya. Maksudnya, apabila badan jalannya dipandang sudah mantap. Maka material yang akan digunakan dari palu. Tapi, jika jalan-jalan yang di anggap belum mantap badan jalannya,  masih tetap menggunakan material kelas B dan aspal Buton.

“Artinya, yang selama ini sudah terbentuk jalannya dan kita lihat sudah mantap dengan banyak teruji sering dilalui kendaraan dan sudah tidak lagi terjadi ada lubang yang dalam, kita langsung gunakan material kelas A. Tapi, kalau jalan ada yang kita masih ragu karena dasarnya belum terlalu kuat. Kita masih gunakan material kelas B dan aspal buton. Sebab, kita tidak maw berkorban besar. Namun ternyata dasarnya belum bagus.  Dengan aspal yang akan tetap di gunakan masih RMA atau aspal buton. Belum kita pakai hotmiks,” ujarnya.

Dipilihnya material kelal A dari Palu itu katanya,  disamping karena kualitasnya sudah teruji di laboratorium dan diakui secara nasional, juga dari sisi harganya lebih murah. “Setelah kita bandingkan harga. Kita lebih menag di Palu. Dan yang ambil material dari Palu ini, bukan hanya Muna Barat saja. Namun hampir semua Indonesia wilayah bagian Timur ambil di Palu juga untuk memenuhi kebutuhan mereka,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top