BERITA UTAMA

Diknas Sweping Narkoba kepada Pelajar

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Unaaha–Dinas pendidikan dan kebudayaan nasional (diknas) kabupaten Konawe khawatir akan beredarnya obat golongan G merek Pcc di kalangan pelajar, untuk itu pihak diknas akan melakukan sweping terhadap pelajar khususnya SLTA sederejat untuk meminimalisir beredarnya obat yang sudah mulai meresahkan orang tua siswa dan para pengajar.
Dari beberapa kasus yang tersebar luas di masyarakat konawe, jenis obat ini sudah banyak di konsumsi oleh pelajar dan peredaranyapun sudah masuk ke sekolah-sekolah, untuk itu diknas melakuka pemeriksaan terhadap tas bawaan pelajar untuk memastikan isu yang tersebar benar atau hanya hoax belaka.
Kadis pendidikan konawe, Jumrim pagala, saat ditemui (14/9) mengatakan, jika saat sweping ada pelajar yang membawa obat tersebut maka pihak sekolah berdasarkan rekomendasi dari diknas akan memberikan sangsi berat terhadap pelajar yang kedapatan membawa obat jenin Pcc atau akrab di kenal dengan sebutan mumbul, selain jenis Pcc jenis narkoba akan menjadi sasaran sweping besok.
“Saya perintahkan para kepala UPTD untuk melakukan sweping narkoba dan zat adiktif berbahaya lainnya besok secara serentak,” ujarnya.
Jambah Jumrin, sweping tersebut bertujuan untuk penegakan disiplin dalam lingkungan sekolah serta pencegahan secara dini peredaran Narkoba dikalangan pelajar. Selain itu dirinya mengharapkan peran serta kerjasama para orang tua siswa agar turut memantau aktifitas anak-anak diluar jam sekolah khususnya dalam lingkungan pergaulan sehari-hari.
Lebih jauh jumrin mengatakan, jika saat sweping nanti ada siswa yang kedapatan membawa obat tersebut maka pihak diknas akan melibatkan kepolisian untuk bekerja sama dalam hal menangani peredaran obat ini di kalangan pelajar.
“Kedepannya nanti kita akan bekerjasama dengan pihak kepolisian,” tutup Jumrin.(m4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top