METRO KOLAKA

Kirab Pemuda Nusantara Singgah di Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Bupati Kolaka H.Ahmad Safei menegaskan untuk semua SKPD yang ada keterkaitan dengan kegiatan nasional Kirab Pemuda Nusantara untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Pasalnya Kirab Pemuda Nusantara dipastikan akan singgah di Kolaka pada 13 hingga 15 November nanti.

Kolaka harus bisa menyambut tim kirab pemuda, terutama para camat dan lurah untuk melakukan berbagai persiapan.

“Kolaka adalah wilayah di Sultra yang menjadi titik singgah kirab pemuda. Ini kesempatan kita memperkenalkan Kolaka, terutama potensi alamnya, juga wisata. Ini tantangan bagi kita juga untuk menciptakan kesan yang baik bagi tamu,” kata Safei.

Lanjut Safei, karena pentingnya momentum kirab pemuda, menginstruksikan kepada SKPD dan lembaga pemerintah lainnya, termasuk unsur organisasi kepemudaan mulai melakukan persiapan sejak dini.

Kirab Pemuda Nusantara secara resmi bergulir pada awal September lalu dan akan berakhir pada November mendatang. Kirab tersebut akan menyinggahi 72 kabupaten dan kota di 34 provinsi di Indonesia.

Kabupaten Kolaka sendiri menjadi satu-satunya titik singgah tim kirab pemuda Nusantara di provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelum di Kolaka, tim kirab akan menyinggahi kabupaten Pinrang, Pare-pare, Bone dan Bajo’e di provinsi Sulsel.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 kali ini diikuti pemuda terbaik hasil seleksi yang diadakan oleh Kemenpora, dimana masing-masing provinsi akan diwakili satu orang pria dan satu orang perempuan yang akan menjadi peserta inti.

Selain itu, kirab juga akan diikuti juga oleh peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa atau pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif yang ada dari setiap daerah.

Peserta inti kirab yang terpilih nantinya akan dibekali dengan materi kepemimpinan, revolusi mental dan 4 pilar wawasan kebangsaan, pengembangan kepribadian dan komunikasi efektif, pengembangan jejaring untuk membangun nusantara, hingga workshop pengembangan program pasca kirab.

Rute perjalanan kirab dibagi menjadi dua zona. Zona 1 dimulai dari Miangas, bergerak menuju Sabang hingga ke Solo, dan zona 2 yang dimulai dari Kota Rote Ndao di NTT, bergerak menuju Merauke dan berakhir di Solo.

Sementara itu kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak menjelaskan, pasukan kirab pemuda Nusantara akan singgah di Kolaka selama tiga hari, terhitung sejak 13-15 November.

Selama di Kolaka tim kirab akan melakukan berbagai aktivitas, di antaranya Konsolidasi dan Deklarasi Pemuda Untuk NKRI, Napak Tilas Kebhinekaan, Pawai Seni dan Budaya Pemuda, Kompetisi Band Indie Pemuda, Pameran Kreativitas Pemuda dan berbagai kegiatan lainnya, termasuk rekreasi bersama pemuda.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top