METRO KOLAKA

Wabup Kolaka Canangkan Kampung Kencana di Wolo

Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin saat mencanangkan kampung kencana di desa Muara Lapao-pao kecamatan Wolo.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, resmi membuka kegiatan Pencanangan Kampung keluarga berencana (Kampung Kencana), di Desa Muara Lapao-pao, Kecamatan Wolo, Kamis (14/9). Dalam sambutanya Jayadin mengatakan. Pencanangan kampung Kencana bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk di desa.

“Bukan berarti pemerintah melarang banyak anak. Namuan dengan mempunyai anak yang berkwalitas, dengan sikap kesopanan yang baik serta pintar itu salah satu hasil dari mengontrol kelahiran anak. Program pemerintah adalah dua anak cukup,” katanya

Program Keluarga Berencana adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran masyarakat, melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga serta peningkatan kesejahteraan untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Semua pihak harus memperkuat program KB dan Keluarga Sejahtera dan jangan berhenti pada kegiatan seremonial Pencanangan saja. Tetapi harus ada aksi dan gerakan sektor terkait untuk bekerja bersama melaksanakan pembinaan secara terus menerus agar dapat mencapai tujuan yang sebenarnya.

Lanjut pencanangan Kampung kencana diharapkan membawa karakter melalui fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi ekonomi, fungsi lingkungan.

“Pencanangan Kampung Kencana ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, selain itu Kampung kencana juga merupakan salah satu inovasi strategis dalam program kependudukan. Dimana KB dan pembangunan keluarga sejahtera terintegrasi harus dikelola dan diselenggarakan dari oleh, dan untuk masyarakat,” katanya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top