BERITA UTAMA

33 Kelompok Nelayan di Muna Dapat Kapal dan Alat Tangkap Ikan

Kadis Perikanan dan Kelautan, La Untu secara simbolis memberikan bantuan kapal beserta alat tangkapnya ke nelayan di Muna.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Sedikitnya, 33 kolompok Nelayan di Muna menerima bantuan kapal lengkap dengan alat tangkapannya. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Kab.Muna La Untu. Dengan harapan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin serta dapat merubah taraf hidup mereka. ” Bantuan 33 kapal tangkap ikan dibawah gros 3 ton. Berikut alat tangkap berupa pukat, mesin katinting , box ikan dan perlengkapan tangkap lainnya. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf hidup nelayan kita. Kalau sebelumnya mereka memancing ikan cuma pakai dayung, sekarang telah menggunakan mesin,” ujar Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan, Akira usai mendampingi Kadis Perikanan dan Kelautan La Untu saat menyerahkan bantuan kapal kenelayan Jumat pagi (15/9).
Akira mengungkapkan, sumber dana bantuan tersebut berasal dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) anggaran 2017″ Besaran dana kegiatan ini sekitar Rp1,1miliar. Jenis kapalnya fiber panjang delapan meter dan lebar 90CM. Desaian kapalnya memakai pemecah gelombang,” ungkapnya.
Ditempat yang sama, Kadis Perikanan Dan Kelautan La Untu mengatakan, puluhan nelayan yang menerima bantuan kapal dan alat tangkapnya itu, merupakan penerima yang sudah mendapatkan SK dari Bupati Muna LM Rusman Emba.” Para penerima bantuan ini adalah kelompok-kelompk nelayan. Mereka sudah di SKkan Bupati Muna untuk mendapatkan bantuan ini. Harapan kami dengan adanya bantuan ini bisa mengangkat taraf hidup para nelayan kita, agar hidup lebih baik,” terangnya.
Sementara itu, salah seorang nelayan La Ode Rasido mengucapkan terimah kasih atas bantuan yang didapatkannya itu. “Kita senang sekali dapat bantuan ini. Selama ini kita memancing cuma memakai perahu dan mendayung, hasilnya tidak seberapa. Mau beli perahu bagus dan mesin mahal. Alhamdulilah sekarang ada bantuan dari pemerintah,” ucapnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top